KONTRIBUSI POLA ASUH GURU TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA

Faiq Nurul Izzah, Ni’am Ni’am

Abstract


Guru harus menampilkan sikap dan perilaku yang mendukung perwujudan bakat dan minat anak dengan cara memujinya, menghargainya, memperlakukannya secara wajar, memberikan dukungan positif serta bergaul secara hangat dan terbuka dengan anak. Guru harus memahami sudut pandang anak dan menanggapi perilaku anak secara logis sesuai dengan kapasitas berpikir anak. Guru memperhatikan dan menghargai setiap karya anak serta responsif terhadap perkembangan pemikiran anak. Selain itu juga bersifat permisif untukmempersilakan anak berinisiatif dan berkreasi serta terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian berjenis kualitatif ini menyimpulkan bahwa siswa di MI XX yang diajar oleh guru yang friendly dan santai akan lebih mudah menjadi anak yang mempunyai kreativitas dalam berpikir. Mereka lebih berani mengungkapkan pendapatnya dan memperlihatkan apa yang mereka buat kepada gurunya. Sedangkan siswa yang diajar oleh guru yang sedikit lebih keras dan kurang friendly mereka lebih tenang tetapi tidak banyak mengeluarkan idenya.

 


Keywords


pola asuh guru, kretaivitas siswa, MI XX

References


Arikunto, Suharsimi. 1990. Mnajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Yogyakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi lulusan SD/MI. Jakarta: Kemendiknas.

Casmini. 2007. Emotional Parenting; dasar-dasar Pengasuhan Kecerdasan Emosi Anak. Terjemahan. Yogyakarta: Pilar Media

Hasan, Maimunah. 2009. PAUD. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Divapress

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Khodijah, Nyayu. 2006. Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press

Munandar, S.C Utami. 1985. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakartta: PT Gramedia.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta).

Naim, Ngainun. 2009. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunarti, Euis. 2004. Mengasuh Dengan Hati: Tantangan yang menyenangkan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Shochib, Moh. 2000. Pola Asuh Orang Tua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudin. 2007. A to Z Anak Kreatif. Jakarta: Gema Insani.

Yeni Rachmawati, Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kharisma Putra Utama.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License