IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI STAIN KUDUS

Sanusi Sanusi

Abstract


Tulisan ini hadir sebagai sebuah respon atas dinamika dunia pendidikan yang terus mengalami perubahan yang cukup signifikan seiring dengan laju perkembangan zaman. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi telah mewarnai dinamika sekaligus menjadi bagian terpenting dalam dunia pendidikan khususnya di jenjang perguruan tinggi termasuk di STAIN Kudus. Pengembangan media pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi merupakan bagian terpenting bagi setiap perguruan tinggi, sehingga keberadaannya tidak dapat terpisahkan. Berdasarkan kebutuhan tersebut, STAIN Kudus terus melakukan upaya pengembangan mutu pembelajaran melalui pemanfaatan media pembelajaran dan sumber belajar berbasis teknologi informasi. Capaian perkembangan STAIN Kudus dalam hal pemanfaatan teknologi informasi tersebut ditandai dengan transformasi pengelolaan di beberapa aspek, mulai dari hal-hal yang terkait dengan administrasi, media pembelajaran, perjurnalan (OJS), digital library (repository) dan sebagainya.


Keywords


media pembelajaran, teknologi informasi

References


Athailah, Mastering Ubuntu, (Jakarta, Media Kita, 2011)

Chomsin S. Widodo dan Jasmadi, Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, (Jakarta, Elex Media Komputindo, 2008)

Galih R. N. Putra, Politik Pendidikan: Liberalisasi Pendidikan Tinggi Di Indonesia Dan India, (Jakarta, Pustaka Obor Indonesia, 2016)

Ismail Suardi Wekke, Model Pembelajaran Bahasa Arab. (Yogyakarta, Depublish, 2015).

Ishak Abdulhak dalam Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FUI-UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 2: Ilmu Pendidikan Praktis, Imtima, 2007

Kenneth C. Laudon, Jane P. Laudon, System Informasi Manajemen, terj. Chriswan Sungkono & Machmudin Eka (Jakarta Salemba Empat, 2008)

Mahfud, dkk. Pendidikan Agama Islam Berbasis Multietnik. (Yogyakarta, Deepublish, 2015).

Oemar Hamalik, Media Pendidikan, Cet-vi. (Bandung, Citra Aditya Bakti, 2003)

Rudi Susilana & Cepi Riyana, Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, (Bandung, Wacana Prima, 2009)

Saifuddin, Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis, cet. 1. (Yogyakarta. Deepublish, 2014)

Sanusi Hamid, Sumber Daya Manusia Lanjutan, cet. 1, (Yogyakarta, Deepublish, 2014)

Winastwan Gora, & Sunarto, Pakematik: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK, Elex Media Komputindo, 3)




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License