STUDENT-CENTERED LEARNING (SCL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Suciati Suciati

Abstract


Kreativitas sangat berpengaruh terhadap kemampuan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Untuk meningkatkan kreativitas tersebut, salah satu alternatif adalah mengaplikasikan Students-Centered Learning (SCL) atau pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penulis menelaah tiga hal, yaitu faktor yang mempengaruhi kreativitas belajar siswa; perencanaan, pengaplikasian dan evaluasi SCL; dan model pembelajaran yang sesuai dengan SCL. Dalam artikel ini, penulis melakukan penelitian pustaka atau library research, yaitu dengan menelaah beberapa referensi terkait dengan pengaplikasian SCL untuk meningkatkan kreativitas siswa MI. Hasil dari kajian menunjukkan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi kreativitas belajar siswa, yaitu faktor internal dan faktor eksternal siswa; perencanaan, pengaplikasian dan evaluasi SCL harus sesuai dengan kriteria; dan model pembelajaran yang sesuai dengan SCL ada dua, yaitu pembelajaran kooperatif atau cooperative learning dan pembelajaran discovery learning.


Keywords


Kreativitas Siswa MI, Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa

References


Barkley, E.F., Cross, K.P., & Major, C.H. 2005. Collaborative Learning Techniques: A Handbook for College Faculty. San Francisco: Jossey-Bass.

Brown, J. 2008. Student-Centered Instruction: Involving Students in their Own Education. Music Educators Journal, 94(5), 30–35.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar, cet. kedua. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Harto, K. 2012. Active Learning dalam Pembelajaran Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Harto, K. 2012. Desain Pembelajaran Agama Islam untuk Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hartato, K. dan Abduramansyah. 2009. Metodologi Pembelajaran Berbasis Active Learning. Palembang:Grafika Telindo.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

Jacobsen, David. 2009. Methods for Teaching: Promoting Student Learning in K-12 Classrooms. Boston, MA: Pearson Merrill Prentice Hall.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Roseth, C. 2010. Cooperative Learning in Middle Schools Interrelationship of Relationships and Achievement. Middle Grades Research Journal, 5 (1), 1-18. Retrieved from www.eric.ed.gov.

Jones, L. 2007. The Student-Centered Classroom. New York: Cambridge University Press.

Mandal, R. R. 2009. Cooperative Learning Strategies to Enhance Writing Skill. The Modern Journal of Applied Linguistics, Vol 1, No. 2.

McCombs, B., & Miller, L. 2007. Learner-Centered Classroom Practices and Assessments. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Munir. 2008. Pembelajaran Student Centered. Bandung: Alfabeta.

Jones, L. 2007. The Student-Centered Classroom. New York: Cambridge University Press.

McCombs, B., & Miller, L. 2007. Learner-Centered Classroom Practices and Assessments. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

lowaCORE. Brief: Student-Centered Classroom.

Rallis, S. 1995. Creating Learner Centered Schools: Dreams and Practices. Theory into Practice, 34(4), 224–229.

Suciati. 2016. Cooperative Controversy Technique to Improve Students’ Motivation in English Debate. Journal on English as a Foreign Language, Vol. 6, No. 1. Tersedia di http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jefl/article/view/428/634.

Sudjana, D. 2005. Metoda dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License