FUNGSI RPJMDES DALAM MENGATASI MASALAH ANAK PUTUS SEKOLAH PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Ana Rahmawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui fungsi RPJMDes sebagai Dokumen Kebijakan Pembangunan di Desa Bandung Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara dalam menanggulangi permasalahan anak putus sekolah pada tingkat sekolah dasar di desa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode adalah deskriptif kualitatif. Adapun hasil analisis penelitian dari tanggapan responden dapat di analisis bahwa meskipun masih banyak kekurangan dari sisi sarana dan prasarana namun sebenarnya kebijakan pemerintah desa yang dituangkan dalam RPJMDes setidaknya mampu mengurangi anak putus sekolah ditingkat sekolah dasar. Masyarakat sebanyak 36,17% juga optimis bahwa program pengentasan anak putus sekolah yang tertuang dalam RPJMDes yang disusun pemerintah desa setempat akan dapat menuntaskan masalah tersebut. Kepada Desa turun langsung untuk memberikan motivasi kepada mereka, namun meski demikian masih ada sebagian dari mereka yang masih enggan meneruskan sekolah mereka. Dengan demikian kompleknya permasalahan ini tentu perlu adanya penelitian lain yang menggali factor lain penyebab masih adanya anak yang tidak mau melanjutkan sekolahnya di era modern saat ini.


Keywords


fungsi RPJMDes, anak putus sekolah; sekolah dasar

References


Hanafi, Mahduh M. 2004. Pengantar Manajemen. UIR Press.

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan, 2017. Ikhtisar data Pendidikan dan Kebudayaan 2017/2018. Jakarta.

Latif, Aasma. Choudhary, Ali Iftitar. Hammayun, Asal afzal. 2015. “Economic Effects Of Student’s Dropouts (A Comparative Studi of Students’ Dropouts Globally”. International Journal of Economic, Commerce and management. Vol III, Issu 6, june 2015.

RPJMDes-Bandung 2017.

Syafrizal. 2014. Perencanaan Pembangunan Daerah dalam Era Otonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R& D. Bandung. alfabeta

Titaley,Merry Elike. 2012. “Faktor-Faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah pada Sekolah Menengah pertama di SMPN 4 Taman Siswa Jakarta Pusat”. Tesis. Jakarta. FISIP. UI.

Pristiyanto D. 2015. Panduan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa. Jakarta Selatan. Yayasan penabulu.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4394

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License