NILAI-NILAI HUMANISTIK DALAM LIVING QUR’AN DI MIN 1 SLEMAN

Rahmawati Rahmawati

Abstract


Abstract

Humanistic is humanizing human. Humanistic values are important for students to improve their quality through real learning in life, the Living Qur’an. MIN 1 Sleman has implemented the Living Qur’an. This study uses a type of quality research that is describing the humanistic values found in MIN 1 Sleman through the application of the Living Qur’an at the school. Data collection and collection is done by observation, interviews, and documentation. The results of this study are the MIN 1 Sleman Elementary School has attempted to apply Living Qur’an the humanistic values that are spoken, displayed and manifested, namely the humanitarian verses that have been applied in MIN 1 Sleman are: (1) Discipline in QS. Al-Asr verses 1-3, (2) Good character in QS. Al-Qalam verse 4.

 

Abstrak Humanistik adalah memanusiakan manusia. Nilai humanistik penting dimiliki peserta didik untuk peningkatan kualitas diri melalui pembelajaran nyata dalam kehidupan yaitu Living Qur’an. MIN 1 Sleman telah menerapkan Living Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan nilainilai humanistik yang terdapat di MIN 1 Sleman melalui penerapan Living Qur’an di sekolah tersebut. Pengambilan dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Sekolah Dasar MIN 1 Sleman telah berupaya menerapkan Living Qur’an nilai-nilai humanistik yang terucap, terpampang dan termanifestasikan yaitu Ayatayat kemanusiaan yang telah diterapkan di MIN 1 Sleman tersebut adalah : (1) Disiplin dalam QS. Al-Asr ayat 1-3, (2) Berbudi Pekerti yang Baik QS. Al-Qalam ayat 4.


Keywords


Living Qur'an, Humanistic, Al'Quran.

Full Text:

PDF

References


AH. Sanaky, H. Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia, Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2003

Amirudin, N. (n.d.). Pendidikan Humanis dalam Perspektif Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik.

Az-Zuhaili. (n.d.). Wahbah Tafsir Al-Wasith (Vol. 3), Jakarta: Gema Insani.

Bodgan, & Biglen. Qualitative Research For Education, an Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn and Bacon Inc, 1982

Etistika, Y., Wijaya, D. A. S., & Amat, N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Universitas Negeri Malang, 1.

Henryk, M., & Virgini, S. S. Psikologi Fenomenologi, Eksistensial, dan Humanistik, Bandung: PT.Refika Aditama, 2005

Mansyur. Metodologi Penelitian Living Qur’an dan hadis, Yogyakarta: Teras, 2007

Satrawijaya, T. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi, Jakarta, 1988




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6549

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License