ANALISIS MATERI POKOK SBDP MI/SD KURIKULUM 2013 ABAD 21

Muh Syauqi Malik

Abstract


Abstract

This article aims to describe the analysis of the subject matter of the 2013 revised 2017 Arts and Crafts Culture curriculum in a class V textbook viewed from various aspects. The method used in the analysis is the study of literature on the subject matter of MI / SD Art and Culture in teacher books and student books. The results of the analysis state that the development characteristics of grade V students are at the concrete operation stage. HOTS Distribution (Critical Thinking 43%, Creative Thinking 32%, Problem Solving 11%, Decision Makers 14%). 4C Distribution (Critical Thinking 37%, Creative Thinking 27%, Communication 16%, Collaboration 20%). Digital Literacy 12% and Cultural and Citizenship Literacy 33%. Character Education (Nationalism 23%, Integrity 3%, Independence 40%, Mutual Assistance 34%). The innovations offered in learning Arts and Culture and MI / SD Workshops enhance operational verbs for HOTS, use interactive teaching materials, add aspects of mathematical literacy, and add aspects of religious character education.

 

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis materi pokok Seni Budaya dan Prakarya dalam buku paket kelas V kurikulum 2013 revisi 2017 dilihat dari berbagai macam aspek. Metode yang digunakan dalam analisis adalah studi literatur tentang materi pokok Seni Budaya dan Prakarya MI/SD dalam buku guru dan buku siswa. Hasil analisis menyatakan bahwa karakteristik perkembangan siswa kelas V berada pada tahapan operasi konkret. Distribusi HOTS (Critical Thinking 43%, Creative thinking 32%, Problem Solving 11%, Decision Maker 14%). Distribusi 4C (Critical Thinking 37%, Creative thinking 27%, Communication 16%, Collaboration 20%). Literasi Digital 12% dan Literasi Budaya dan Kewargaan 33%. Pendidikan Karakter (Nasionalisme 23%, Integritas 3%, Kemandirian 40%, Gotong royong 34%). Inovasi yang ditawarkan dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya MI/SD adalah meningkatkan kata kerja operasional menjadi HOTS, menggunakan bahan ajar interaktif, menambahkan aspek literasi matematis, serta menambahkan aspek pendidikan karakter religius.


Keywords


HOTS, 4C, Literacy, Character Education

Full Text:

PDF

References


Bahari, N. (2014). Kritik Seni: Wacana, Apresiasi, dan Kreasi. Pustaka Pelajar.

Hendriani, D. (2016). Pengembangan Seni Budaya dan Keterampilan. Penerbit Ombak.

Hume, H. D. (2011). Panduan untuk Guru Kesenian Sekolah Dasar dan Menengah Edisi Kedua Jilid 1. PT. Indeks Permata Puri Media.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1).

Kartika, D. S. (2017). Seni Rupa Modern. Rekayasa Sains.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017a). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Tim GLN Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017b). Materi Pendukung Literasi Digital. Tim GLN Kemendikbud.

Kurniawan, S. (2016). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Ar-Ruzz Media.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kemendikbud.

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.

Prastowo, A. (2012). Pengetahuan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Kencana Prenada Group.

Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Prenada Media Group.

Prawira, N. G. (2016). Benang Merah Seni Rupa Modern. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Prawira, N. G. (2017). Seni Rupa dan Kriya. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Prihadi, S. R. (2010). Serpih-Serpih Pandangan Ki Hajar Dewantara. Kepel Press.

Purwanto, S. (2016). Pendidikan Karakter melalui Seni. Pustaka Pelajar.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13, 3.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Edisi Revisi. Tira Smart.

Santrock, J. W. (2009a). Perkembangan Anak, Edisi Kesebelas, Jilid Dua. PT. Gelora Aksara Pratama.

Santrock, J. W. (2009b). Perkembangan Anak, Edisi Kesebelas, Jilid Satu. PT. Gelora Aksara Pratama.

Sunarto, & Suherman. (2017). Apresiasi Seni Rupa. Thafa Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Kencana Prenada Group.

Sutiyono. (2010). Pribumisasi Islam melalui Seni-Budaya Jawa. Insan Persada.

Syarbaini, S. (2011). Pendidikan Pancasila, Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa di Perguruan Tinggi. Ghalia Indonesia.

Syarbini, A. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter. as@-Prima Pustaka.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Yusuf, S., & Hayat, B. (2010). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6727

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License