Open Journal Systems

SKALA USAHA DAN PELATIHAN AKUNTANSI SYARIAH TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DI BMT SE- KARESIDENAN PATI

Aulia Rahman, Abdurrahman Kasdi

Abstract

This study aimed to examine the effect of education managers, company lifespan, scale effort, sharia accounting training on the use of accounting information systems at BMT in ex-Pati residency. This was field research with survey through questionnaires. Samples of this study were the manager of BMT both headquarters and branch offices which actively operate in ex-Pati residency totaling 114 respondents using purposive sampling method. The results showed that managers education influences the use of accounting information systems based on the coeffecience of total effect 0.12. The company lifespan influences the use of accounting information systems based on the coefficience of  total effect 0.19. The business scale influences the use of accounting information systems based on the coefficience of  total effect 0.20. And sharia accounting training affects the use of accounting information systems based on the coefficience of total effect 0.35.


Keywords


Education; Age of Company; Scale Effort; Training of Islamic Accounting

References


Ady, Rakhmad. 2014. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Kecil dan Menengah di Kota Malang.” Dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya Malang.

Astuti, Era. 2007. Pengaruh Karakteristik Internal Perusahaan Terhadap Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi Perusahaan Kecil dan Menengah di Kabupaten Kudus [Tesis]. Semarang: Progdi Magister Sains Akuntansi UNDIP.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hadiyah. 2007. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Usaha Menengah Kabupaten Sidoarjo [Tesis]. Surabaya: Pascasarjana Universitas Airlangga.

Hariyadi. 2012. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang Bergerak di Bidang Jenis Usaha Makanan di Kota Tanjungpinang.” Dalam jurnal.umrah.ac.id, Akuntansi Fakultas Ekonomi UMRAH.

Revee, James M. et.al. 2011. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia.

Jakarta: Salemba Empat.

Mahendra dan Affandy. 2013. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Pengelola Keuangan Daerah (SIPKD) (Studi Kasus pada Pemerintah Kota Blitar).” Dalam Jurnal Universitas Brawijaya.

Rosita. 2013. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada UKM (Studi Empiris Pada UKM di Kabupaten Karanganyar).” Dalam Jurnal GRADUASI, Vol. 29, Edisi Maret.

Sari, Dita Purnama. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyediaan dan Penggunaan Informasi Akuntansi pada UKM di Kecamatan Rumbai Pesisir, Riau [Tesis]. Riau: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Sholihin, Mahfud dan Ratmono, Dwi. 2013. Analisis SEM-PLS dengan Warp PLS 3.0 untuk Hubungan Non Linier dalamPenelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Cet. ke-14. Bandung: Alfabeta.

------------. 2005. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Vena, et.al. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyiapan & Penggunaan Informasi Akuntansi Perusahaan Kecil & Menengah (Studi di Jawa Tengah) [Skripsi]. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/equilibrium.v4i1.1838

How To Cite This :



Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.