Open Journal Systems

PENGARUH BRAND IMAGE dan KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BNI SYARIAH CABANG FATMAWATI JAKARTA

Ade Sofyan Mulazid

Abstract

AbstakPenelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Brand Image dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BNI Syariah Cabang Fatmawati. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan 100 responden nasabah PT. BNI Syariah Cabang Fatmawati. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analsisi Regresi Berganda.Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image dan Kepercayaan secara individual berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan secara simultan, brand image dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dari nilai (R Square) menunjukkan bahwa loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh brand image dan kepercayaan sebesar 83,6, sedangkan sisanya 16,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini.

Keywords


Brand Image, Kepercayaan, Loyalitas Nasabah, PT. BNI Syariah

References


Pelanggan Pada Koran Harian Riau Pos”. 2015.

Etta Mamang Sangadji, & Sophia, “Perilaku Konsumen” Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

Endang, Tri Wahyuni. ”Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Perbankan Syariah”. 2015.

Ghozali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2016.

Griffin, Jill. “Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan”. Jakarta: Erlangga, 2007.

Kim, E., dan Tadisina, S., ”Customer’s Initial Trust in E-business: How to Measure Customer’s Initial Trust”, Proccedings of Ninth Americas Conference on Information System, pp.35-41. 2003.

Kim, DJ., Ferrin, D.L., dan Rao, H.R., Antecedents of Consumer Trust in B-To-C Electronic Commerce, Proccedings of Ninth Americas Conference Information System, pp.157-167,2003a.

Kotler, P., dan Amstrong. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 2 Pernhallindo. Jakarta. 2005.

Lovelock, Christopher, dan Wright, K.L. 2007. “Manajemen Pemasaran Jasa”. PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, P., dan G, Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jilid Kesatu. Erlangga, Jakarta.

Lovelock, Christopher, et.al. 2010. Pemasaran Jasa, Edisi 7, Jilid 2. Erlangga: Jakarta.

Kotler, Phillip., dan Kevin Lane Keller. 2015. “Marketing Manajemen Edisi 13 Jilid 2. Global Edition: Pearson.

Rofiq, Ainur. ”Pengaruh Kepercayaan (Trust) terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commers”. Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya, 2007.

Sekaran, Uma. ”Research Methods for Business”. Jhon Wiley & Sons Ltd, 2013.

Sondakh, Cony. ”Kualitas Layanan, Citra Merek, dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Kasus Nasabah Taplus BNI Cabang Manado”. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol.3, No.1, 2014.

Sugiyono, ”Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development”, Penerbit Alfa Beta, Bandung, 2015.

Sungkawa, Eyang, ”Pengaruh Komitmen Agama dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah dan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Nasabah Tabungan BSM KCP Painan)”. Jurnal Manajemen, 2014.

Tjiptono, Fandy. ”Brand Management & Strategy”. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/equilibrium.v6i1.3086

How To Cite This :



Copyright (c) 2018 Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.