Open Journal Systems

ANALISIS DETERMINAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING: STUDI KASUS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

Ali Rama, Meliawati Meliawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sejumlah variabel yaitu ukuran bank, umur bank, profitablitas dan leverage terhadap pengungkapan Islamic Social reporting (ISR) pada Bank Umum Syariah di Indonesia dari periode 2010 sampai 2012. Pengungkapan ISR dilakukan dengan cara analisis konten melalui metode skoring. Penelitian ini menemukan bahwa hanya variabel ukuran bank yang berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan ISR pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Semakin besar aset yang dimiliki oleh bank syariah maka semakin tinggi penguungkapan ISR-nya. Penelitian ini juga menemukan bahwa bank syariah mengalami peningkatan rata-rata indeks pengungkapan ISR selama periode penelitian. Akan tetapi, pengungkapan ISR bank syariah baru memenuhi sekitar 50 persen dari keseluruhan item pengungkapan yang harus di-disclosure berdasarkan pada model yang dikembangkan pada penelitian ini.

Keywords: Islamic social reporting, profitabilitas, ukuran bank, corporate social responsibility, leverage, umur bank.

The purpose of this study is to analyze the impact of selected variables such as the size of the bank, bank age, profitability and leverage on the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR) in the Islamic banks of Indonesia from the period 2010 to 2012. The disclosure of ISR is obtained by content analysis through scoring method. The study finds that the size of the bank is the only variable which has a significant positive impact on the disclosure of ISR Islamic banks in Indonesia. An an increase of the number of the Islamic bank’ asset increases the disclosure of ISR Islamic banks. This study also finds that the Islamic banks have increased their disclosure of ISR during the study period. However, the disclosure percentage of ISR Islamic banks is only about 50 percent of all items that should be disclosure based on the model developed in this study.

Keywords: Islamic social reporting, profitabilitas, ukuran bank, corporate social responsibility, leverage, umur bank.

References


Ahzar, Fahri Ali dan Rina Trisnawati. “Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Syariah di Indonesia”. Surakarta: Maret 2013.

Choi, Frederick D.S. & Gerhard G. Mueller. Akuntansi Internasional, Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat, 1997.

Dahlan, Ahmad.“Disclosure dan Corporate Governance- Suatu Tinjauan Teoritis”, TEMA Volume IV, No.1, Maret 2003.

Eriyanto. Analisis Isi: Pengantar Metodelogi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu nya Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2011.

Fauziah, Khusnul dan Prabowo Yudho J. “Analisis Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perbankan Syariah di Indonesia Berdasarkan Islamic Social Reporting Indeks”. Journal Dinamika Akuntansi Vol.5 No.1, Maret 2013.

Fitria, Soraya dan Dwi Hartanti, “Islam dan Tanggung Jawab Sosial: Studi Perbandingan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Indeks dan Islamic Social Reporting Indeks”, Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokwrto, 2010.

Harahap, Sofyan Safri. Analisis Kritis Laporan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008.

Harahap, Sofyan Safri.Teori Akuntansi, edisi revisi 2011, Jakarta: Rajawali Pers,2012.

Hasan, Iqbal. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Heriyanto. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Study Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI”. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010

Heryanto dan Ira Yunita, “Analisis likuiditas, leverage, Ukuran perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Sukarela Laporan Keuangan: Studi Empiris Pada Perusahaan Real Astate, (Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro Semarang).

Hossain, Mohamad dan Helmi Hammami, “Voluntary Disclosure in the Annual Reports of An Emerging Country: The Case of Qatar, Advances in Accounting, Incorporating Advances in International Accounting (2009)

Idrus, Muhammad. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Erlangga, 2009.

Indriantoro, Nur dan Bambang Suporno. Metodelogi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: Lembaga Penerbit BPFE, 2002.

Irianto, Agus. Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana, 2004.

Kasmir, Pengantar Manajemen Keuangan, Edisi Pertama Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana, 2010.

Maali, Bassam, dkk. “Social Reporting by Islamic Banks”, Abacus Vol.42, No.2, 2006.

Nurhayati, Sri& Wasilah. Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Othman, Rohana dkk. “Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah- Approved Companies in Bursa Malayasi.” Research Journal of International Studies- Issue12 (Oktober, 2009)

Othman, Rohana dan Azlan Md Thani. “Islamic Social Reporting Of Listed Companies In Malaysia”. International Business and Economics Research Journal Vol.9 No.4, April 2010.

PBI No.11/33/PBI/2009 tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Bagi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah

Rizki. “Pengaruh Corporate Social Responsibility di Bidang Kesejahteraan Karyawan dan Komunitas terhadap Profitabilitas (Pada perusahaan-perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2009)”. Skripsi S1 Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010.

Rochaeti, Ety dkk. Metodelogi Penelitian Bisnis dengan Aplikasi SPSS.Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media, 2007.

Siregar, Syofian. Statistik Deskriptif untuk Penelitian: Dilengkapii Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Siregar & Utama, “Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan Praktek Corporate Governance terhadap Pengelolaan Laba (Earning Management)”, (Solo: Simposium Nasional Akuntansi VII, 15-16 September 2005)

Sofyani, Hafiez, dkk. “Islamic Social Reporting Index Sebagai Model pengukuran Kinerja Sosial Perbankan Syariah: Studi Komparasi Malaysia dan Indonesia”. Jurnal Dinamika Akuntansi Vol.4 No.1, Maret 2012.

Suma, Muhammad Amin, dkk. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Pusat Peningkatan dan Jaminan Mutu (PPJM) Fakultas Syariah dan Hukum, 2012.

Sumitro, Warkum. Asas-asas Perbankan Islam & Lembaga-lembaga Terkait. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2004.

Teguh, Muhammad. Metodelogi Penelitian Ekonomi Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT RajaGraindo Persada, 2005.

PBI No.11/33/PBI/2009 tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Bagi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah

Undang-Undang No. 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

Untung, Hendrik Budi. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika, 2009.

Wardani, Rr. Puruwita. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Sukarela”. Jurnal Akuntansi dan KeuanganVol.14, No.1 (Mei 2012), h.1-15

Widiawati, Septi. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Islamic Social reporting Perusahaan yang terdapat Pada Daftar Efek Syariah tahun 2009-2011”. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, 2012.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/equilibrium.v2i1.714

How To Cite This :



Copyright (c) 2016 Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.