PERAN ULAMA DI NUSANTARA DALAM MEWUJUDKAN HARMONISASI UMAT BERAGAMA

M Khoiril Anwar

Abstract


Islam masuk di Nusantara tak luput dari peranan Ulama yang telah menyebarkan dakwah Islamnya kepada masyarakat yang ada di Nusantara. Kearifan lokal yang tidak tertinggal tetap berjalan bersama dengan Islam. Ini sangat menarik untuk dikaji karena ulama-ulama dahulu menyiarkan agama Islam dengan cara yang bisa diterima oleh beragam masyarakat dengan baik. Maka sebagai generasi yang telah hidup di zaman modern ini tidak melupakan sejarah dan peninggalan ulama-ulama dahulu. Dan kemajuan teknologi bisa dinikmati pada saat sekarang yang juga mempunyai pengaruh besar jika tidak jernih untuk menggunakanya.  

            Ulama di Nusantara sepatutnya untuk di contoh bagaimana cara dakwahnya untuk menyebarkan Islam di Nusantara tanpa kekerasan karena sekarang ini banyak yang mengatas namakan agama dengan melakukan kekerasan misalnya pembakaran tempat ibadah, terorisme, dan lain sebagainya. Fenomena seperti itu nyata yang bisa dirasakan pada saat ini. Maka seharusnya sebagai generasi penerus mengerti tentang peran Islam dan Ulama di Nusantara agar bisa mengenal identitasnya yang asli dari Nusantara. Agar tidak melupakan perjuangan ulama-ulama terdahulu dalam memperjuangkan Islam.

            Bermula dari latar belakang tersebut penulis mengangkat tema Islam dan Ulama di Nusantara. Tema ini menurut penulis sangat menarik untuk dikaji agar dapat meneladani bagaimana peran-peran Ulama dalam menyampaikan dakwahnya di Nusantara. Adapun untuk membedakan penelitian-penelitian terdahulu penulis akan mengangkat permasalahan diantaranya adalah bagaimana Islam masuk di Nusantara, bagaimana peran Ulama dalam meyebarkan Islam di Nusantara dan permasalahan yang terakhir adalah apa sumbangan ulama Nusantara untuk masa depan Islam di Nusantara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun harmonisasi umat beragama.

Keywords


Islam, Ulama, Nusantara

References


Karim, M. Abdul, Islam Nusantara; Pengaruh Keislaman dalam Sejarah Bangsa Indonesia (Yogyakarta: Gama Media, 2007).

Soekmono, R., Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia III (Yogyakarta: Yayasan Kanisius, 1973).

Aboebakar, Sedjarah al-Quran, cet ke-3 (Jakarta: Sinar Pujangga, 1956).

Hasmymy, A, Sejaarh Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia (Kumpulan Prasaran pada Seminar di Aceh), cet ke-3 (Bandung : Offset, 1993).

Azra, Azyumardi, “Biografi Sosial Intelektual Ulama Perempuan ; Perberdayaan Historiografi” dalam Jajat Burhanudin, Ulama Perempuan Indonesia (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002).

Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII; melacak akar-akar pembaharuan pemikiran Islam di Indonesia, cet ke-4 (Bandung: Mizan, 1994).

Huda, Nor, Islam Nusantara ; Sejarah Sosial Intelektual Islam di Indonesia (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2013).

Ahmad Sahal dan Munawir aziz (ed) Islam Nusantara ; Dari Ushul Fikh hingga Paham Kebangsaan, cet ke-3 (Bandung; Mizan Pustaka, 2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v4i1.1621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 FIKRAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan is published by

Prodi Aqidah dan Filsafat Islam IAIN Kudus incorporate with

Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam.

Jl. Conge Ngembalrejo Bae Kudus Po Box. 51
Phone: +6282331050629
Website: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/fikrah
Email: fikrah@stainkudus.ac.id

ISSN: 2354-6174 | EISSN: 2476-9649

Creative Commons License
Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan by Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.