Perubahan Paradigma Beragama (Analisis Perubahan Pemikiran Keagamaan Masyarakat Desa Jepang Mejobo Kudus)

Masudi Masudi

Abstract


Membincang tentang fenomena keberagamaan masyarakat, situasi yang berjalan di tengah-tengah mereka akan senantiasa menjadi titik sorot untuk menjelaskan ihwal kehadiran, dimulai dari tradsi, kebudayaan, etnik, agama, dan realitas kehidupan sosial yang berjalan. Fenomena beragama yang ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat akan menjadi bagian penyimpulan yang bisa dikaji, bagaimanakah kondisi nyata keberagamaan masyarakat yang berjalan. Kenyataan keberagamaan yang ada di masyarakat inilah nantinya akan mengisi ruang-ruang persepsi masyarakat akan bukti hakiki makna agama dalam kehidupan mereka.

Mengamati dinamika keberagamaan yang berjalan di tengah-tengah kehidupan masyarakat Desa Jepang Mejobo Kudus, penelitian ini terfokus untuk mengkaji fenomena perubahan paradigma masyarakat tentang agama. Berpijak kepada dinamika kehidupan masyarakat yang tergolong abangan, terdapat hal unik yang bisa dieksplorasi mengenai keberagamaan masyarakat Desa Jepang Mejobo Kudus. Beragama di antara mereka masih tampak mengadaptasi dengan kegiatan kebudayaan yang cenderung ambigu dalam hukum agama. Dalam hal ini bisa dijelaskan seperti menyabung ayam, meminum-minuman keras, dan berjudi. Namun, di antara aktivitas ambigu dalam kaca pandang agama tersebut, masyarakat juga aktif untuk melaksanakan kirim doa kepada para leluhur yang sudah meninggal (hajatan) atau juga membaca silsilah Syaikh Abdul Qodir al-Jailani manaqiban.

Kehidupan beragama masyarakat Desa Jepang Mejobo Kudus menampakkan adanya perubahan pola keberagamaan. Dimulai dari masifnya kondisi masyarakat yang tergolong abangan, mereka mulai beralih untuk aktif mengisi waktu-waktu luang mereka guna beribadah menjalankan perintah-perintah agama. Aktivitas kebudayaan yang masih banyak dijumpai, seperti menyabung ayam, meminum-minuman keras, dan berjudi, hal tersebut mulai terkikis dengan kegiatan mereka untuk memenuhi tuntutan agama.

Keywords


Beragama, Keberagamaan, Kebudayaan, Perubahan

Full Text:

PDF

References


Abdurrahaman Mas’ud, Antologi Studi Agama dan Pendidikan. Semarang: Aneka Ilmu, 2004.

Agus Yusrun Nafi’, Kearifan Rebo Wekasan, dalam http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/03/175875/Kearifan-Rebo-Wekasan, diakses, tanggal, 5 Mei 2012.

Ahmad Norma Permata, (ed.), Metodologi Studi Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Ali Abdul Wahid Wafi, Al-Musaawaatu fi al-Islam” Mesir: Dar Ma’arif Mesir, ttt.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2008.

Format Laporan, Profil Desa dan Kelurahan Tahun 2011, Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus.

Mark R Woodward, Islam Jawa (Kesalehan Normatif versus Kebatinan), terj., Hairus Salim HS (Yogyakarta: LKiS, 1999), hlm. 29.

Mas’udi, “Genealogi Petilasan Sunan Kudus (Sejarah Masjid Wali dalam Dakwah Sunan Kudus di Desa Jepang Mejobo Kudus)” dalam Laporan Penelitian, STAIN Kudus, 2012.

Mejobo Kudus dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Mejobo,Kudus. Diakses tanggal, 17 Juli 2012.

Pranowo, Bambang. Memahami Islam Jawa. Jakarta: Pustaka Alvabet, 2011.

Profil Desa Jepang, http://mejobo.kuduskab.go.id/desaa.php# diunduh tanggal, 17 Juli 2012.

Richard C. Martin, Pendekatan Kajian Islam dalam Studi Agama, terj., Zakiyuddin Baidhawy. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2001.

Wawancara dengan Bapak Bejo di daerah pembakaran batu bata tepatnya daerah Pendem Wetan, tanggal, 15 Juli 2012, jam 09.00.

Wawancara dengan Bapak Indarto, Kepala Desa Jepang, tanggal 16 Juli 2012, jam 19.15-22.00.

Wawancara dengan Bapak Sumaji di daerah pembakaran batu bata tepatnya di Dukuh Pendem Wetan, tanggal, 15 Juni 2012, jam 09.00-10.00. Adapun Bapak Suwaji sendiri merupakan generasi penerus dari pembuatan batu bata. Umur Bapak Suwaji saat ini sudah mencapai 60 tahun.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v4i2.1770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 FIKRAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan is published by

Prodi Aqidah dan Filsafat Islam IAIN Kudus incorporate with

Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam.

Jl. Conge Ngembalrejo Bae Kudus Po Box. 51
Phone: +6282331050629
Website: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/fikrah
Email: fikrah@stainkudus.ac.id

ISSN: 2354-6174 | EISSN: 2476-9649

Creative Commons License
Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan by Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.