Meneguhkan Islam Harmoni Melalui Pendekatan Filologi

Nur Said

Abstract


Indonesia dihuni oleh sebuah bangsa yang memiliki kelimpahan aneka seni dan budaya. Salah satu produk budaya yang khas nusantara adalah naskah kuno. Maka menjadi sebuah keniscayaan menjadikan naskah kuno sebagai bagian dari sumber utama dalam meneguhkan Islam nusantara. Maka ilmu filologi mutlak diperlukan. Paper ini akan membahas ruang lingkup manuskrip di nusantara serta menjelaskan pemahaman tentang pendekatan filologi secara teoritis dan praktis. Penulisan paper ini merupakan bagian dari penguatan theoretical framework  melalui review literatur secara kritis. Kesimpulannya adalah bahwa hampir di setiap kota lintas pulau di Indonesia ditemukan sejumlah manuskrip dengan ragam aksara, bahasa dan materi isinya yang mencerminkan kedalaman spiritualitas bangsa. Salah satu tugas filolog adalah peran pokoknya adalah melakukan transliterasi (alih aksara), agar naskah kuno tersebut bisa dibaca lebih luas dan selanjutnya mengkajinya secara interdisipliner sebagai bahan untuk rekonstruksi budaya. Sejauhmana produk riset filologis tersebut memberi kontribusi keilmuan tergantung kecerdasan dan kreatifitas peneliti mendialogkan dengan disiplin keilmuan yang ditekuninya sehingga mampu  meneguhkan identitas Islam nusantara yang dikenal ramah dan harmoni dalam relasi dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan.

Keywords


Naskah kuno, Harmoni, Filologi, Islam nusantara

Full Text:

PDF

References


Baharudin, Jazamuddin, dengan kerja sama Jumsari Jusuf dan Sudibjo, Katalogus Naskah-naskah Lama Melayu di dalam simpanan Museum Pusat Jakarta. Malaysia, Dewan Bahasa dan Pustaka, 1969. (ketikan)

Baried, Siti Baroroh. 1985. Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Dep.Dik.Bud.

Braginsky, V.I. 1988. Yang Indah, Berfaedah dan Kamal; Sejarah Sastra Melayu Dalam Abad 7-19. Jakarta: INIS.

Djamaris, Edwar, “Filologi dan Cara Kerja Penelitian” dalam dalam, Istadiyatha, Laboratorium Filologi, Surakarta: Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret

_________. 2002. Metode Penelitian Filologi. Jakarta: CV. Manasco.

Fathurrahman, Oman, “Memahami Islam Nusantara Melalui Manuskrip dan Kitan (Sebuah Refleksi)”, Makalah Seminar Penguatan Kajian Islam Nusantara di Lakpesdam PCINU, Kairo, Mesir, Kamis 21 Juli 2011

Howard, Joseph H., Malay Manuscripts; a bibliography guide. Kuala Lumpur. University of Malaya Library, 1966.

Pudjiastuti, Titik. 2006. Naskah dan Studi Naskah. Jakarta: Akademia.

Said, Nur, “Runtuhnya Budaya Bangsa (Peta Dekadensi Moral dalam Naskah Wasiat Nabi Kode BR. 26 Koleksi PNRI)”, dalam Jurnal Lektur Keagamaan, Vol. 6, No. 2, 2008

_________, “Jalan Tasawuf dalam Naskah Layang Ijo Koleksi Kyai Mohammad Thohari Sidoarjo, Jawa Timur ”, dalam Jurnal Lektur Keagamaan, Vol. 13, No. 2, 2015.

Sedyawati, Edi, dkk (eds). 2001. Sastra Jawa, Suatu Tinjauan Umum.Jakarta: Balai Pustaka.

“300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?, “ dalam http://news.detik.com/berita/2826546/300-teks-kuno-ri-dirawat-inggris-bila-dikembalikan-sanggupkah-merawatnya (diakses 8 Nopember 2016)

“Belanda Kembalikan 13.000 Naskah Kuno ke Indonesia”, dalam http://news.okezone.com/read/2016/02/24/510/1319937/belanda-kembalikan-13-000-naskah-kuno-ke-indonesia (diakses 8 Nopember 2016)

“Manuskrip Ulama Nusantara Dijarah Penjajah”, dalam https://serbasejarah.wordpress.com/2009/03/17/manuskrip-ulama-nusantara-dijarah-penjajah/ (diakses 8 Nopember 2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v4i2.2084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 FIKRAH: JURNAL ILMU AQIDAH DAN STUDI KEAGAMAAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan is published by

Prodi Aqidah dan Filsafat Islam IAIN Kudus incorporate with

Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam.

Jl. Conge Ngembalrejo Bae Kudus Po Box. 51
Phone: +6282331050629
Website: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/fikrah
Email: fikrah@stainkudus.ac.id

ISSN: 2354-6174 | EISSN: 2476-9649

Creative Commons License
Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan by Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.