KONTRIBUSI MEDIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN BERAGAMA PEREMPUAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI LOKALISASI LORONG INDAH PATI

Fatma Laili Khoirunnida, Zaimatus Sa'diyah, Irzum Farihah, Retno Retno

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengungkap fenomena sosial dari prostitusi di Lorong Indah Pati. Sebagai seorang manusia terutama manusia beragama, pekerja seks komersial berhak mencari hidup bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pekerja seks komersial di Lokalisasi Lorong Indah Pati, tokoh agama dan masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pencarian makna hidup dalam rangka mempertahankan eksistensi kebutuhan beragama tetap menjadi sisi laten di balik tampilan vulgar komersialisasi tubuh mereka. Keberagamaan tersebut melahirkan pola pencarian makna hidup yang berbeda bagi para pekerja seks komersial. Di antaranya, pemanfaatkan keberadaan media televisi, radio dan juga media cetak (koran) sebagai salah satu instrument yang memiliki peranan penting pemenuhan kebutuhan beragama masyarakat di komunitas PSK di Lorong Indah Pati.

 


References


Bungin, B. (2013). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media.

Burton, G. (2012). Media dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra.

Erfan, M., & Umiarso. (2016). Konsep Tuhan Perspektif Pelacur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faizah. (2003). Psikologi Dakwah. Jakarta: Kalam Mulia.

Haryanto, S. (2015). Sosiologi Agama dari Klasik Hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Martono, N. (2014). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

McQuail, D. (1987). Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Najati, M. U. (2010). Psikologi Qurani: dari Jiwa hingga Ilmu Laduni. Bandung: Marja.

Nyland, R., & Near, C. (2007). Jesus is My Friend: Religiousity as a Mediating Faktor in Internet Social Networking Use.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ramayulis. (2003). Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Sambas, S. (2015). Sosiologi Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Sofjan, D. (2013). Agama dan Televisi di Indonesia: Etika Seputar Dakwahtainment.

Syam, N. (2010). Agama Pelacur. Yogyakarta: LKiS.

Taufiq, M. I. (2006). Psikologi Islam, Panduan Lengkap Praktis Psikologi. Jakarta: Gema Insani Press.

Ward, L. . (2004). Wading Through The Stereotypes: Positive and Negative Associations Between Media Use and Black Adolescents’ Conceptions of Self. Developmental Psychology, 40(2).

Zohar, D., & Marshall, I. (2001). SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Holistik Untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan Media Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v5i2.3123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fikrah : Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan
Published by Faculty of Ushuluddin
Sekolah Tinggi Agama Islam Kudus, Indonesia
Jl. Conge Ngembalrejo Bae Kudus Po Box. 51
Phone: +62291-432677
Website: http://stainkudus.ac.id/
Email: ushuluddin@stainkudus.ac.id

ISSN: 2354-6174 | EISSN: 2476-9649

Creative Commons License
Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan by Prodi Ilmu Aqidah Jurusan Ushuluddin STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.