Trend Beragama Remaja Era Milenial: Analisis Perilaku Siswa SMA di Jawa Tengah

Umi Muzayanah

Abstract


The trend of adolescent religious behavior in the era of technological progress and interesting information to be discussed. Today's high school teenagers are spoiled by technology-based facilities. This paper aims to describe the trend of religious behavior of high school students in Central Java. With quantitative methods, samples are taken from public high school students in Purworejo, Magelang, and Banyumas. This study is limited to religious behavior that is synonymous with morals which include students morals to Allah and His Messenger, teachers and parents, themselves, friends, and morals towards the environment. The results show that the morals of high school students to teachers and parents occupy the highest position, and while morals to God and the Apostle occupy the lowest position.

Keywords


Morals, religious behavior, high school teenagers

Full Text:

PDF

References


Aini, L. N. (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kenakalan Remaja di RW V Kelurahan Sidokare Kecamatan Sidoarjo. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 6(1).

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1).

Ali, A. (1996). Kamus Kontemporer Arab Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafia.

Amronah, S. (2011). Hubungan Hasil Bejalar Aspek Kognitif Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Akhlak Siswa Kelas V SD Negeri 2 Rejosari Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Andini, E. (2010). Studi dampak negatif facebook terhadap remaja Indonesia. Aspirasi, 1(1), 119–146.

Antara. (2016). Komnas PA Sebut 97% Remaja Indonesia Pernah Akses Pornografi.

Aroma, I. S. dan D. R. S. (2012). Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(2).

Aviyah, E. & M. F. (2014). Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2).

Bahar, H. (2008). Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di SMA Darussalam Cimanggis Ciputat. UIN Syarif Hidayatullah.

Eriyanto. (2016). Teknik Sampling Analisis Opini Publik. Yogyakarta: LKiS.

Firdaus. (2017). Membentuk Pribadi Berakhlakuk Karimah Secara Psikologis. Al-Dzikra, XI(1).

Firdausita, R. S. (2017). Pengaruh Pemahaman Agama dan Lingkungan terhadap Perilaku Perempuan Hamil di Luar Nikah Di Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Fitri, sulidar. (2017). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 118–123.

Ghazali, A. M. & B. (2017). Pendidikan Islam dalam Dinamika Kehidupan Beragama di Indonesia. Intizar, 23(1).

Hamdi, A. S. (2016). Dasar-dasar Agama Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Istiadie, J. & F. S. (2013). Pendidikan Moral Perspektif Nasih Ulwan. Jurnal Pendiidkan Agama Islam, 1(1), 46–60.

Manan, S. (2017). Menumbuhkan Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Pola Pembiasaan. Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1).

Mardani. (2017). Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Depok: Kencana.

Marwan. (2012). Tata Tertib Sekolah sebagai Sarana Pembentukan Akhlak Siswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mustari. (2016). Menumbuhkan Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Pola Pembiasaan. In SEMINAR NASIONAL “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global.” Makassar.

Nasikhah, D. dan P. (2013). Hubungan Antara Tingkat Religiusitas dengan Perilaku Kenakalan Remaja pada Masa Remaja Awal. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(2).

Nawi, R. (2017). Perilaku Kebijakan Organsiasi. Makassar: Sah Media.

Nindya, P. . & M. R. (2012). Hubungan Antara Kekerasan Emosional pada Anak terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 1(2).

Priatini, W., Latifah, M., & Guhardja, S. (2008). Pengaruh Tipe Pengasuhan, Lingkungan Sekolah, Dan Peran Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 1(1).

Puspitasari, I. (2015). Pembinaan Perilaku Beragama melalui Aktivitas Keagamaan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Putra, P. M. S. (2015). Komnas PA 2015: Kekerasan Anak Tertinggi Selama 5 Tahun Terakhir.

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Budiarti S, M. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU REMAJA. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1). http://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3).

Rahayu, F. S. (2012). Cyberbullying sebagai dampak negatif penggunaan teknologi informasi. Journal of Information Systems, 8(1).

Rahman, A. (2016). Pengaruh Negatif Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islam). Al-Ishlah: JUrnal Studi Pendidikan, XIV.

Rohman, A. (2012). Pembiasaan sebagai Basis Penanaman Nilai-nilai Akhlak Remaja. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).

Rosdiyana & Isrok’atun. (2018). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Penerapan Hidden Curriculum di SDN 2 Kepuh Cirebon. In Prosiding Seminar Nasional Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT dan Pelatihan Berpikir Suprarasional. Jawa Barat: UPI Sumedang Pres.

Roszi, J. P. (2017). Tipologi Perilaku Keagamaan Siswa dan Kemampuan Kognitif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Batang Kabung Kota Padang. Jurnal El-Rusyd, 1(1).

Salmiyah, R. (2011). Hubungan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Anak dalam Keluarga dengan Pengamalan Agama Pada Siswa SMP Swasta AN-Nizam Kecamatan Medan Denai. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Shihab, M. (2007). Secercah Cahaya Ilahi: Hidup Bersama Al-Quran.

Shodiq. (2017). Mengukur Keimanan Konstrak Teoretik dan Pengembangan Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sit, M. (2010). Optimalisasi Kompetensi Moral Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(1), 1–12.

Sodiq, A. (2018). Prophetic Character Building: Tema Pokok Pendidikan Akhlak Menurut al-Ghazali. Jakarta Timur: Kencana.

Subhan, M. (2008). Pengaruh Akhlak terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 13 Malang. Universitas Islam Negeri Malang.

Sudargo, T. (2018). 1000 Hari Pertama Kehidupan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sukaimi, S. (2013). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak: Tinjauan Psikologi Perkembangan Islam. Marwah, XII(1).

Syarbini, A. dan H. G. (2014). Mencetak Anak Hebat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Unayah, N. dan M. S. (2015). Kenakalan Remaja dan Kriminalitas. Sosio Informa, 1(2).

Utami, A. N. (2017). Hubungan Antara Akhlak Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SD di Kelurahan Dawungan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2016/2017. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Valentini, V. dan M. N. (2006). Identity Achievement dengan Intimacy pada Remaja SMA. Jurnal Provitae, 2(1).

Wahyuni. (2018). Agama dan Pembentukan Struktur Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wibowo, A. (2016). Berbagai Hal yang Mempengaruhi Pembentukan Akhlak. Suhuf, 28(1).

Yanto, R. (2011). Pengaruh game online terhadap perilaku remaja. repository.unand.ac.id. Universitas Andalas Padang.

Zuliana, I. (2014). Penerapan Sistem Full Day School dalam Membentuk Kualitas Akhlak Siswa di SD Islam Miftahul Huda Tulungagung. IAIN Tulungagung.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v6i2.4007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan is published by

Prodi Aqidah dan Filsafat Islam IAIN Kudus incorporate with

Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam.

Jl. Conge Ngembalrejo Bae Kudus Po Box. 51
Phone: +6285648082247 or +6282331050629
Website: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/fikrah
Email: fikrah@stainkudus.ac.id

ISSN: 2354-6174 | EISSN: 2476-9649

Creative Commons License
Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan by Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Jurusan Ushuluddin IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.