EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THREE STEPS INTERVIEW(TSI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADAMATERI FUNGSI DITINJAU DARIKECERDASAN MATEMATIS LOGISSISWA

Rizqona Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Three Steps Interview (TSI) dengan Pendekatan Saintifik (PS) dan Pembelajaran Klasikal dengan Pendekatan Saintifik (PS)terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan multiple.Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3 danpopulasinya adalah seluruh siswa kelas 8 di SMPN Sukoharjo.Pengumpulan data digunakan instrumen tes prestasi belajar matematika dan angket kecerdasan matematis logis. Teknik analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian ini adalah (1)Siswa yang dikenai model TSI-PS memperoleh prestasi belajar lebih baik daripada siswa yang dikenai model Klasikal-PS. (2)Siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis tinggi memperoleh prestasi belajar lebih baik dibanding siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang dan rendah, siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang memperoleh prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan matematis logis rendah (3)Pada setiap model pembelajaran, siswa dengan kecerdasan matematis logis tinggi memperoleh prestasi belajar lebih baik dibanding siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang dan rendah, siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang memperoleh prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan matematis logis rendah(4)Pada setiap tingkat kecerdasan matematis logis, siswa yang dikenai model TSI-PS memperoleh prestasi belajar lebih baik daripada siswa yang dikenai model Klasikal-PS.

Keywords


Three StepsInterview(TSI), Pembelajaran Klasikal, Pendekatan Saintifik (PS), Kecerdasan Matematis Logis.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA Abdulkarim, R., & Al Jadiry, A. (2012). The Effect of Using Cooperative Learning and Multiple Intelligence Theory on Physical Concepts Acquisition. British Journal of Arts and Social Sciences, 10( 11), 137-152. Anggraheni, Vina Tri, (2013), “Penerapan Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII C SMP Negeri I Karangnyar Tahun Pelajaran 2012/2013”, Skripsi, UNS

Arra, C. T., D’Antonio, M. D. & D’Antonio Jr. M .(2011). Students’ Preferences for Cooperative Learning Instructional Approaches: Considerations for College Teachers. Journal of Research in Education, 21( 1), 114-126. Armstrong, T. (2009).Multiple intelligences in the classrooom (3rd ed.). Alexandria: ASCD Astan, F. M. & Rahmita, Y. G. (2013). Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelasi VII Materi Bilangan (Pecahan). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY: 9 November 2013. Awofala, A. O. A., Fatade, O. A. & Ola-Oluwa, A. S. (2012). Achievement in Cooperative versus Individualistic Goal-Structured Junior Secondary School Mathematics Classrooms in Nigeria. International Journal of Mathematics Trends and Technology, 3( 3), 7-12.

Azmir, M., Mat Rahim, A. & Sulaiman, A. (2011). Cooperative Learning Approach to Improve Soft-Skills Among University Students. Elixir Lead, Mgmt, 34(372), 2530-2534.

Betz, F. (2011).Managing Science: Innovation, Technology, and Knowledge Management 9.New York: Springer Budiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Farzaneh, N. & Nejadesari, D. (2014). Students’ Attitude Towards Using Cooperative Learning for Teaching and Reading Comprehension. Theory and Practice in Language Studies, 4(2), 287-292.

Hudoyo, H. (1988).Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: dirjen DIKTI.

Huri Suhendri. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY: November 2012

Igan Trisna Jayantika. (2013). Kontribusi Bakat Numerik , Kecerdasan Spasial, dan Kecerdasan Matematis Logis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri di Kabupaten Buleleng. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2, 1-11.

Johnson, J.(2000).Teaching and Learning Mathematics: Using Research to Shift From the “Yesterday” Mind to the “Tomorrow” Mind.Washington: State Superintendent of Public Instruction.

Johson, D. W., dan Johson, R. T. (2000). The Cooperative Learning Center at The University of Minnesota. Minnesota: University of Minnesota.

Kagan, S.& Kagan, M. (1998).Multiple Intellingences: The Complete MI Book. San Cemente, CA: Kagan.

Lian, H. L.& Idris, N. (2006).Assesing Algebraic Solving Ability of Form Four Students.International Electronic Journal of Mathematics Education.Vol. 1.No. 1.55-76. Liang, T. (2002).Implementing Cooperative Learning In EFL Theacing: Process and Effects. A Thesis For The Degree of Doctor of Philosophy, National Taiwan Normal University Maharani, R. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran kooperatif tipe Three Steps Interview (TSI) dan Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Ditinjau dari Multiple Intelligences Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Thesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Maharani, R.,Aulia, F.N.N., Wahyuni, T.F., Lestari, M.(2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Ditinjau dari Multiple Intelligence Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Proseeding Seminar Internasional and Call for Paper ICIES. 2(1). 852 Terwel, J. (2011). Cooperative Learning and Mathematics Education: A Happy Marriage?.The OECD/ France Workshop Paris: 23-24 May 2001.

The National Center on Quality Teaching and Learning (NCQTL). (2012). Learning Activity Using The Scientific Method. Planning in Your Classroom: Facilitator Guide. The National Center on Quality Teaching and Learning (NCQTL).

University on North Texas (UNT).(2008). Achieve Texas. Classroom Best Practices: Cooperative Learning. Texas Education Agency.

Zakaria, E., Chin, C.L. & Daud, Y. (2010). The Effect of Cooperative Learning on Students’ Mathematics Achievement and Attitude towards Mathematics. Journal of Social Sciences. Vol. 6. No. 2. 272-275.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186