Pengaruh Media Flip Book Plus Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X-IIS SMAN 1 Mejobo Materi Trigonometri Tahun Pelajaran 2018/2019

Sri hono

Abstract


Penggunaan teknologi informasi pada dunia pendidikan menjadi keharusan sebagai respon positif terhadap perkembangan jaman. Beberapa iklan masyarakat menunjukkan betapa smartphone dan penggunanya kedekatanya melebihi kedekatan orang tua dan anak. Hal yang sama berdasarkan pengamatan penulis terjadi di sekolah. Siswa lebih asik berinteraksi dengan telepon pintarnya daripada berinteraksi dengan guru. Buku menjadi barang yang menyebabkan alergi dan perlahan dijauhi siswa. Oleh karenanya penggunaan smartphone dalam pembelajaran tidak hanya sebatas respon perkembangan jaman. Penggunaan smartphone adalah jalan alternatif pada jaman yang serba canggih seperti saat ini. Berdasarkan permasalahan-permasalahan di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian pemanfaatan flip book plus sebagai media dan sumber belajar matematika. Kemudian penelitian ini penulis beri judul “Pengaruh Media Flip Book Plus Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X-IIS SMAN 1 Mejobo Materi Trigonometri Tahun Pelajaran 2018/2019” Dari data hasil penelitian dapat dihitung t-hitung dan kemudian membandingkanya dengan t-tabel. Diperoleh t- hitung = 1,320961. Sementara t-tabel untuk kelompok 34 siswa adalah t-tabel = 1,30695. Didapat t-hitung > t-tabel yang artinya hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan peneliti diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Flip book plus dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi trigonometri siswa kelas X-IIS di SMAN 1 Mejobo; Siswa terlihat antusias membaca materi dan quiz melaluihandphone.

Keywords


Flip book plus, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, S. 1997. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta: Rineka Cipta.

Ferdiansyah. 2012. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Utan Kayu Rudi Susilana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Saputra, S. 1999. Strategi Pembelajaran. Malang: FIP Universitas Negeri Malang. Sudjana. 1996. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Susiyanti. 2001. Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok kecil Siswa Kelas II SLTPN 1 Wagir Malang Tahun Ajaran 2001/ 2002. Skripsi Tidak Diterbitkan: FMIPA UM.

Wahyudi, Y. 1995. Keefektifan Antara Pembahasan Soal Tes Harian dengan Pemberian Umpan Balik terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I SMAN 2 Malang Tahun Ajaran 1994/ 1995. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186