Open Journal Systems

Etika DakwahtainmEnt Dalam masyarakat multikultural

Riza Zahriyal Falah

Abstract

Tulisan ini mencoba memaparkan problematika para da’i dalam programprogram dakwahtainment, utamanya program yang dilaksanakan di televisi. Selain itu juga membahas tentang kondisi masyarakat sebagai objek dakwah, khususnya yang ada di Indonesia, sebagai masyarakat multikultur, sehingga memberikan kompleksitas dalam berdakwah. Berbagai konsep etika yang dimunculkan dalam tulisan ini adalah dalam rangka menanggulangi problem-problem da’i dalam berdakwah. Problem-problem seperti kapitalisasi dakwah, pendangkalan agama, persaingan antar da’i dan lain sebagainya, merupakan problem-problem yang umum terjadi dikalangan da’i dakwahtaiment. Maka dari itu perlu penanaman etika ikhlas, lemah lembut, mengedepankan kemudahan dan lain-lain yang bisa menjadi pedoman da’i dakwahtainment agar dakwahnya diterima oleh masyarakat multikultur. Dari sini kemudian para da’i bisa lebih fokus dalam kegiatannya dalam berdakwah yang lepas dari problem-problem yang menghambat pola dakwah.

 

Keywords


Etika, Dakwahtainment, Multikultural

References


Al-Qahthani, Said bin Salim bin Wahf. 2001. 9 Pilar Keberhasilan

Da’i di Medan Dakwah. Solo: Pustaka Arafah.

Amin, Ahmad. 1975. Etika (Ilmu Akhlak). terj. Farid Ma’ruf.

Jakarta: Bulan Bintang.

Amin, Samsul Munir. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kreasindo

Mediacita.

Badruttamam. 2005. Dakwah Kolaboratif Tarmizi Taher. Jakarta:

Grafindo Khazanah Ilmu.

Kung, Hans. 2007. Islam: Past, Present, dan Future. Oxford: One

World.

Malaikah, Musthafa. 1997. Manhaj Dakwah Yusuf Qaradhawi;

Harmoni antara kelembutan dan Ketegasan. Jakarta: Pustaka

Al-Kautsar.

Peter, Singer. 1994. Ethics. New York: Oxford University Press

Sofjan, Dicky dan Mega Hidayati. 2013. Agama dan televisi

di Indonesia: Etika Seputar Dakwahtainment. Geneva:

Globethics.net.

Suseno, Franz Magnis. 1993. Filsafat Jawa. Jakarta: Gramedia.

Suwito. 2004. Filsafat Pendidikan Akhlak; Kajian Atas Asumsi Dasar,

Paradigma, dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta:

Belukar.

Syah, Srikit. 1991. Media Massa Dibawah Kapitalisme. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Vos, H. De.. 1987. Pengantar Etika. terj. Soejono Soemargono.

Yogyakarta: Tiara Wacana.

Attabik, Ahmad. «Prospek Dakwah Melalui Media Televisi.» AtTabsyir : Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 1.2 (2015).

Falah, Riza Zahriyal. «Membentuk Kesalehan Individual Dan

Sosial Melalui Konseling Multikultural.» Konseling Religi Jurnal Bimbingan Konseling Islam 7.1 (2016): 163-188.

Laili, Fatma. «Dilema Dakwahtainment.» At-Tabsyir : Jurnal

Komunikasi Penyiaran Islam 1.1 (2015).

http://fai.umy.ac.id/dakwahtainment-peluang-dan-tantangan-

bagi-sarjana-dakwah/ diakses pada 13 Desember 2016.

http://www.piss-ktb.com/2012/06/1579-tafsir-surat-

albaqoroh-41.html diakses pada 16 Desember 2016.

https://www.kpi.go.id/index.php/lihat-terkini/38-dalam-

negeri/31294-trans-7-penuhi-undangan-dialog-kpipusat-soal-tayangan-khazanah

diakses pada 3 Desember 2016.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i2.2916

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.