Open Journal Systems

DAKWAHTAINMENT DI TELEVISI: Analisis Terhadap Fenomena Dakwah Ramadhan

Yuliyatun Yuliyatun

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan fenomena dakwahtainment
di media televise yang menyajikan pesan dakwah sekaligus menawarkan
dunia hiburan. Lebih maraknya dalam sajian-sajian dakwahtainment
menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Berbagai infortainment
bertaburan dengan menyelipkan nuansa agama untuk memperkuat daya
jual di masyarakat. Penting dalam tulisan ini peneliti paparkan hakekat
dakwah dan bagaimana sebaiknya masyarakat mensikapi fenomena
dakwahtainment tersebut agar substansi pesan-pesan dakwah tetap
dapat bisa dipahami masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kecenderungan masyarakat kurang dapat menangkap pesan
dakwah dibalik sajian-sajian dakwahtainment. Justru yang popular
adalah sajian-sajian hiburannya dan populeritas dari suatu produk.

Keywords


Dakwahtainment Ramadhan, media televise, pesan dakwah

References


Daradjat, Zakiyah. 1983. Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung

Agung.

Faizah, Lalu Muchsin Effendi. 2006. Psikologi Dakwah. Jakarta:

Kencana Prenada Media

Kellner, Douglas. 1995. Media Culture: Cultural Studies, Identity

anPolitics between The Modern and Postmodern. New York.

Routledge.

Mubarok, Achmad. 2002. Konseling Agama, Teori dan Kasus. Jakarta.

PT. Bina Rena Pariwara

-------------. 2003. Sunnatullah dalam Jiwa Manusia, Sebuah Pendekatan

Psikologi Islam. Jakarta: IIIT Indonesia.

-------------. 2002. Psikologi Dakwah. Jakarta: Penerbit Pustaka

Firdaus.

Mujiburrahman. 2015. Agama, Media, dan Imajinasi: Pandangan

Sufisme dan Ilmu Sosial Kontemporer Kontemporer. Pidato

Pengukuhan Guru Besar Sosiologi Agama. Banjarmasin:

Antarsari Press.

Fatma, Laili Khoirunnida, “Dilema Dakwahtainment”. Jurnal At-

Tabsyir, 2014

Nur Ahmad. “Keterbukaan Dakwahtainment sebagai Media

Dakwah”. Jurnal At-Tabsyir, Vol.5 No.1, Juni 2015

Saefulloh, Aris. “Dakwahtainment: Komodifikasi Industri Media

di Balik Ayat Tuhan”. Jurnal Komunika. Vol.3 No.2 JuliDesember

Yuliyatun.” Fenomena Dakwah Melalui Media Televisi Perspektif

Teori Modeling”. Jurnal At-Tabsyir, edisi Juni 2016

http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islamnusantara/14/04/01/n3cs2g-dakwah-di-televisi-

membaik. Diunduh April 2016.

http://journal.iaingorontalo.ac.id/indek.php/fan. Diunduh 20

April 2016


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i2.2923

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.