Open Journal Systems

Profil Prodi Ilmu Hadis di Era Globalisasi Teknologi Informasi

Muhammad Alfatih Suryadilaga

Abstract

Prodi Ilmu Hadis dalam sejarah perkembangan PTKI merupakan prodi yang relatif baru. Dalam konteks tersebut, maka profil prodi Ilha sangat beragam sesuai dengan konteks masing-masing PTKIN. Profil Prodi Ilha ke depan adalah program studi yang menghasilkan sarjana dalam bidang studi hadis dan memilki penguasaan studi hadis secara komprehensif. Seorang ahli hadis harus memahami ulum al-hadis, penelitian hadis dan syarah hadis. Sehingga aplikasinya, pemahaman hadis yang dihasilkan akan menjadi sebuah model yang sangat baik di masyarakat dan tidka menimbulkan adanya kekerasan. Selain itu, terkait erat penguasaan di bidang teknologi dan teknologi informasi, harus juga dikaji secara mendalam melingkupi kajian yang ada oleh ahli hadis selain dengan ilmu-ilmu kemanusiaan.

Keywords


PTKIN; Prodi Ilmu Hadis; Globalisasi; Teknologi Informasi

References


Ahmad, Arifuddin. Kajian aplikasi tadabbur al-ahadis dengan metode mawdhu’i (tematik). Jurnal Ilmu Ushuluddin, Vol. 2 No,. 3 Januari-Juni 2015.

BOZ, Hakit. Hadith Autenticity of the Science of Hermeneutucs. Vol. 3 No. 2 Januari 2013, Journal of Humnities and Social Sciencethe American Journal of Islamic Social Sciences 24: 4

Danusiri, Islam Membentuk Sains dan Teknologi Jurnal Teologia Volume 26 No. 1 Januari-Juni 2015.

Hasbi, M. Ridwan. Interkasi Rasionalitas Teknis dalam Pemikiran Hadis Kontemporer dalam Jurnal Ushuluddin Vol. 19 No. 1 Januari 2013.

Hermansyah. Islam dan Toleransi dalam Masyarakat Muslim Kanayatin Dayak di Kalimantan Barat dalam Islamica, Vol. 7 No. 2 Maret 2013.

http://ban-pt.kemdiknas.go.id/hasil-pencarian.php

http://fuad.iainbukittinggi.ac.id/index.php/profil/visi-misi-dan-tujuan/visi-misi-dan-tujuan-jurusan-hadis-dan-ilmu-hadis/66-visi-misi-dan-tujuan-jurusan-hadis-dan-ilmu-hadis

http://fuad.iainlangsa.ac.id/jurusan/detail/program-studi-ilmu-hadis-ih-iain-langsa

http://ih-ushuluddin.stainkudus.ac.id/?module=menu&id=64

http://stdiis.ac.id/akademik-2/prodi-hadis/profil/

http://stdiis.ac.id/profil/sejarah-singkat/

Kango, Andies. Media dan Perubahan Sosial, Jurnal Farabi Vol. 12 No. 1 Juni 2015.

Khan, Israr Ahmad. The Autentification of Hadith: Redefining Criteria, the American Journal of Islamic Social Sciences 24: 4

Ma’arif, Syamsu dkk. Inklusivitas Pesantren Tebuireng: Menatap Globalisasi dengan Wajah Tradisionalisme dalam Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, vol. 3 no. 1 Juni 2015.

Misrah, Kebebsan beragama dalam Hadis, Jurnal MIqot Vol. 24 No. 2 2010, 175-192.

Ngafifi, Muhammad. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Prspektif Sosial Budaya, Jurnal Pembangunan Pendidikan Fondasi dan Aplikasi, Vol. 2 No. 1 2014.

Rodin, Dede. Islam dan Radikalisme: Telaah Ayat-ayat Kekerasan dalam al-Qur’an dalam Addin, Vol. 10, No. 1 Februari 2016.

Rusli. Multikulturalisme dalam Wacana al-Qur’an dala Hunafa Vol. 9 No. 1 Juni 2012.

Saputra, Ardiyatatama Nur. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis untuk Perangkat Mobile Berbasis Android, Makalah, Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadyah Surakarta, 2014.

Sholikin, Nur. dkk. Pedoman Pendidikan S1 STAIN Jember. Jember STAIN Jember Press, 2013..

Sobahar, Moh. Erfan dkk., Mengungkap Rahasia Buah Kurma dan Zaitun dari Petunjuk Hadis dan Penjelasan Sains, Jurnal Ulul Albab Vol 16 No. 2 tahun 2015.

Suaidi, Hassan. Konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar Prerspektif Hadis dalam Jurnal Penelitian, STAIN Pekalongan Vol. 6 No. 2 2009.

Supriyono, Heru dkk. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis untuk Perangkat Mobile Berbasis Android Jurnal Informatika Vol. 8 No. 2 Huli 2014.

Suryadilaga, Muhammad Alfatih. Syarah Hadis Bukhari Muslim dalam Komik: Studi atas Buku 99 Pesan Nabi saw. Komik Hadis Bukhari Muslim Edisi Lengkap Esensia Vol. 16 No. 2 Oktober 2015.

Team Penyusun KKNI, Kurikulum Prodi Ilmu Hadis UIN Sunan Kalijaga Mengacu Pada KKNI dan SNPT. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2016.

Yusoff, Yunus, Roslan Ismail dan Zainuddin Hassan, Adopting Hadith Verification Techniques to Digital Evidence Autentification, dalam Journal of Computer Science 6 (5): 484-489, 2010

Machasin. Islam Dinamis Islam Historis: Lokalitas, Pluralisme dan Terorisme. Yogyakarta: LkiS, 2011.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v2i1.1502

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.