Open Journal Systems

HADIS DAN SUNAH DALAM PERSPEKTIF FAZLUR RAHMAN

Ma'mun Mu'min

Abstract

Eksistensi hadis dan sunah tidak pernah berhenti diperdebatkan kalangan ilmuan, hal ini dapat dipahami mengingat hadis dan sunah dua entitas yang sama sama menjadi rujukan kedua dalam beragama Islam. Karena posisinya yang demikian sentral, maka tidak heran apabila sering terjadi kontrofersi dikalangan para pembahasnya. Fazlur Rahman sebagai salah seorang intelektual muslim yang kritis berusaha menetralisir adanya perdebatan tersebut dengan menawarkan sebuah pemikiran kritis tentang entitas hadis dan sunah. Tawaran Rahman tersebut mampu menjadi salah satu model pemikiran yang selama itu sering mengalami kebuntuan. Rahman bukan saja mampu memberikan penjelasan yang utuh tentang hakikat hadis dan sunah, tetapi juga menjelaskan posisi keduanya dari sisi asal muasalnya, dalam praktik keseharian, akibat yang muncul setelahnya dan keberadaanya sekarang.

Keywords


Hadis dan Sunah

References


Ahmad, Mumtaz, 1988, “In Memoriam Fazlur Rahman,”The American Journal of Islamic Social Science, Vol. 5 No. 1, T. Tp.: T.p.: T.p.

Ajlan, Bayumi, 1986, Dirasat fi al-Hadis an-Nabawi, Iskandariyah, Muassasah Syabab al-Jami’ah.

Al-Qashimi, Jamaluddin, t.th., Qawa’id al-Tahdits, Beirut, Dar al-Kutb al-‘Ilmiyah.

Azami, Muhammad Musthafa, 2006, Hadis Nabawi dan Sejarah Kodifikasinya, terj. Ali Mus’thafa Ya’qub, Jakarta, Pustaka Firdaus.

Ash-Shalih, Subhi ash-Shalih, 1998, Membahas Ilmu-ilmu Hadis, Jakarta, Pustaka Firdaus.

Alparslan, Acikgenc, 1990, “The Thinker of Islamic Revival and Reform: Fazlur Rahman’s Life and Thought (1919-1988),” dalam, Journal of Islamic Research, Vol. 4, No. 4, Tahun 1990.

Ash-Shiddieqy, Muhammad Hasbi, 1991, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadis, Jakarta, Bulan Bintang.

Ali, A. Mukti, 1988, “Fazlur Rahman Tentang: Konsep Al-Qur’an tentang Allah, Manusia dan Alam,” dalam, Pikiran-pikiran Fazlur Rahman, Jakarta, LSAF, 3 Desember 1988.

Daud, Wan Mohd Nor Wan, 1990, “Personal Anecdotes on A Great Scholar Teacher and Friend,” dalam, Journal of Islamic Research, Vol.4, No. 4, Oktober 1990.

Denny, Frederick Matewson, 1993, “The Legacy of Fazlur Rahman” dalam Yvonne Yazbeck Hadda (ed.), The Muslim of America, New York, Oxford University Press, 1993.

Goldziher, Ignaz, 1920, Die Richtungen der Islamischen Koranauslegung, Leiden, E.J. Brill.

Itr, Nuruddin, 1997, Manhaj al-Naqdi fi ‘Ulum al-Hadis, Beirut, Dar al-Fikr.

Mas’ud, Muhammad Khalid, 1988, “Obituary Notes,” dalam, Islamic Studies, Vol. 27,No. 4, Tahun 1988.

Rahman, Fazlur Rahman,”An Autobiographical Note,” dalam, Journal of Islamic Research, Vol. 4, No. 4, Tahun 1990.

----------, 1982, Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition, Chocago-London, University of Chicago Press.

----------, 1976, “Some Islamic in the Ayyub Khan Era,” dalam Essays on Islamic Civilization, Donald P. Little (ed.), Leiden, E.J. Brill.

----------, 1962, “Sunnah and hadist,” Islamic Studies, Vol. I, No. 2, Juni, 1962.

Syuhbah, Muhammad bin Muhammad Abu, 2006, Al-Wasith fi ‘Ulm wa Mustholah al-Hadis, Kairo, Maktabah al- Sunnah.

Qureshi, Salem M.M., 1971, “Religion and Party Politics in Pakistan,” Contribution to Asian Studies, Vol. 2, T. Tp.: T.p.: T.p.

Saifullah SA, 2009, Sejarah Pemikiran Fazlur Rahman, Padang, Lembaga Pengkajian Peradaban dan Budaya Islam.

Sanaky, Hujair AH, 2006, Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Metodologi Sunnah dan Hadis: Kajian Buku Islamic Methodology in History, Yogyakarta, Al-Mawarid, Edisi XVI, Tahun 2006.

Zahwu, Muhammad Abu, t.th., Al-Hadis wa al-Muhadissun, Beirut, Dar al-Fikr.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v1i2.1805

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.