Open Journal Systems

Kontribusi Ali Mustafa Yaqub (1952-2016) dalam Dinamika Kajian Hadis di Indonesia

Istianah Istianah

Abstract

Artikel ini akan membahas tentang kontribusi Ali Mustafa Yaqub dalam dinamika kajian hadis di Indonesia. Ia adalah salah seorang pakar di bidang hadis. Hadis-hadis yang dibahas adalah hadis-hadis yang populer dan yang dipolemikkan yang muncul di kalangan masyarakat Indonesia. Hasil penelitiannyabanyak mengejutkan banyak pihak. Dalam penelitian selama 9 tahunnya, hadis-hadis yang diyakini masyarakat sebagai hadis-hadis s}ahi>h selama ini, ternyata hadis-hadis tersebut bukanlah hadis s}ahi>h, bahkan ada di antaranya yang diketahui bukan sebagai hadis, melainkan hanya kata-kata mutiara maupun kata-kata hikmah yang diucapkan oleh seorang tokoh ataupun ulama. Kalau itu bukan hadis, dan kemudian itu dikatakan sebagai hadis yang disandarkan kepada Nabi, berarti itu telah mendustakan hadis atas nama Nabi dan itu akan berdampak serius. Metode yang dipakai dalam memahami hadis berasal dari penelitian sanad dan matan hadis. Dalam meneliti sanad hadis, ia merujuk pada pendapat ulama-ulama terdahulu. Untuk memperolehi kesimpulan apakah hadis itu s}ahi>h, hasan atau d}a‘i>f, maka sanadnya harus bersambung, perawinya harus tsiqah (‘a>dil dan d}a>bit}). Ali Mustafa Yaqub tidak menyimpulkannya sendiri, tetapi berdasarkan pendapat para pakar di bidang hadis dengan membuka dan menelusuri kitab-kitab yang mu’tabar. Dalam menjelaskan kualitas matan hadis, Ali Mustafa Yaqub tidak hanya didasarkan pada persoalan apakah hadis itu mengandung ‘illah atau tidak, atau pun mengandung sya>z\\\ atau tidak.Dengan demikian, memahami hadis akan lebih mudah agar menemukan pemahaman yang relatif lebih tepat, dinamis, akomodatif, apresiasif, komprehensip dan mudah dipahami oleh semua golongan terhadap perubahan serta perkembangan zaman.

This article will discuss about Ali Mustafa Yaqub’s contribution in the dynamics of the study of hadith in Indonesia. He is one of the experts in the field of hadith. The hadisstudied are popular and debatable hadith that have emerged among Indonesian society. The results of his research surprised many people. In his 9-year doing research, he found that the hadith that the people have believed as the best hadith are not the s}ah}e>h} hadith, some of which are known not as hadith, but only the quotations and the wisdom words spoken by pious people. If that is not a hadith, and then it is claimedas hadith from the Prophet, it will have a serious impact. The method used in understanding the hadith comes from the study of sanad and matan hadith. In researching the sanad of the hadith, he referred to the opinions of the earlier scholars. To estimate the conclusion whether the hadis is s}ahi>h, hasan or d}a‘i>f, then its sanad must be in continuity, its transmitter must be tsiqah (fair and d}a>bit}). Ali Mustafa Yaqub did not give the conclusion according to himself, but alsobased on the opinion of the scholars in the field of hadith by opening and searching the books that are mu’tabar. However, in addition to criticizing editorial, Ali Mustafa seeks to contextualize the editorial matan hadith with the present condition with a lot of explaining the hadith about the problems polemicized by society. As for the approach used in understanding the matan of hadith, he uses the approach of language, ratios and in other hadith, he used historical approach. Thus, the effort to understand the hadith will be easier in order to find a relatively more precise, dynamic, accommodative, apresiasif, comprehensively and easily results understood by all classes in this changing and developing times.

Keywords


kontribusi; Ali Mustafa Yaqub; dinamika kajian hadis

References


Al-Sabba>g, M. (1972). al H{adi>s al Nabawi>. tp: al-Maktab al Isla>mi.

Azra, A. (2005). Jaringan Ulama Timur Tengah dan pepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII. Jakarta: Prenada Media.

Dhofier, Z. (1982). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai (ke 1). Jakarta: Amzah Press.

Ghazali, I. (n.d.). Ih}ya’ ‘Ulu>m al-Di>n. Semarang: Usaha Putera.

Mu’minin, I. S. (2008). Kamus Ilmu Nahwu dan Sharf. Jakarta: Amzah Press.

Mukarram, bin M. M. ibn. (n.d.). Lisa>n al ‘Arab (Juz VI). Mesir: Da>r al Mis}riyah.

Rahman, F., & Dkk. (2002). Wacana Studi Hadis Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Yaqub, A. M. (1998). Peran Ilmu Hadis dalam Pembinaan Hukum Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Yaqub, A. M. (2001). Islam Masa Kini. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Yaqub, A. M. (2002). Hadis-hadis Bermasalah. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Yaqub, A. M. (2003). Hadis-hadis Palsu Seputar Ramadhan. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Yaqub, A. M. (2004). Kritik Hadis. Jakarta: Pustaka Firdaus.

https://id.wikipedia.org/wiki/AliMusthafaYaqub. diakses pada tanggal 20 Oktober 2017


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v3i1.3442

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.