Open Journal Systems

Urgensi Wudhu dan Relevansinya Bagi Kesehatan (Kajian Ma'anil Hadis) dalam Perspektif Imam Musbikin

muhammad afif, Uswatun khasanah

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana kita memahami sebuah hadits dengan menggunakan kajian Ma’anil Hadits yaitu ilmu yang mengkaji tentang bagaimana memahami hadits Nabi Saw dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas hadits tentang wudhu ditinjau dari aspek sanad dan matannya. Dan untuk mengetahui bagaimana pemahaman hadits (fiqh al-hadits) tentang urgensi wudhu dan relevansinya bagi kesehatan dalam perspektif Imam Musbikin.

Dan setelah diteliti dengan menggunakan metode takhij al-hadis bahwa hadits-hadits yang diteliti, baik secara sanad maupun matan dapat dikatakan hadits tersebut sebagai hadits yang shahih baik shahih al-isnad maupun shahih al-matn dan dapat dipegang sebagai riwayat yang bersumber dari Nabi Saw. Selain itu, Manfaat cara wudhu terhadap kesehatan adalah dapat membersihkan berbagai kotoran, virus, dan bakteri yang berada di telinga, hidung, mulut dan gigi, serta dapat mempermudah regenerasi selaput lendir sehingga dapat mencegah berbagai penyakit yang masuk melalui telinga, hidung dan mulut,  baik penyakit yang ringan maupun penyakit yang serius. Selain itu, kebanyakan titik refleksi berada pada anggota wudhu. Sehingga kita menjalankan wudhu tidak hanya sebatas ritual yang dilakukan sebelum sholat, karena banyak manfaat dibalik ritual tersebut jika kita melakukannya dengan benar.

Keywords


Ilmu Ma’anil Hadits, Wudhu dan Kesehatan.

References


Ahmad, S. bin A. bin H. al-A. (2004). Tahdzib al-Tahdzib (Juz 2). Beirut: Dar al-Kutub al-ilmiyah.

Al-Khuli, H. (2007). Rahasia Gerakan-Gerakan Sholat (Cet. XII). Jogjakarta: Diva Press.

Al-Thohhan, M. (1995). Ushuul at-Takhrij wa Dirosat Al-Asaanid. Semarang: Dina Utama.

Asror, Miftahul, I. M. (2015). Membedah Hadits Nabi SAW, Kaedah dan Sarana Studi Hadits serta Pemahamannya. Madiun: JAYA STAR NINE.

Farida, U. (2009). Naqd Hadis. Kudus: STAIN Kudus.

Hasanuddin, O. (2007). Mukjizat Berwudhu untuk penyembuhan dan pencegahan penyakit,. Jakarta: Qultum Media.

Muhyidin, M. (2007). Misteri Energi Wudhu, Keajaiban Fadhilah Energi Wudhu terhadap kekuatan fisik, Emosi dan Hati Manusia. Jogjakarta: Diva Press.

Musbikin, I. (2009). Wudhu Sebagai Terapi Upaya Memelihara Kesehatan Jasmani dengan Perawatan Ruhani. Yogyakarta: Nusamedia.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v3i2.3746

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.