Open Journal Systems

AMALAN ZIKIR NIHADHUL MUSTAGFIRIN: Studi Living Hadis di Yayasan Miftahurrahman Mindahan Kidul Batealit Jepara

Lailiyatun Nafisah, shofaussamawati shofaussamawati

Abstract

Artikel ini bertujuan meneliti praktik serta pemaknaan dari pembacaan Zikir Nihadul Mustagfirin di Yayasan Miftahurrahman Mindahan Kidul Batealit Jepara dalam perspektif living hadis. Penulis menggunakan metode dan pendekatan kualitatif dengan pisau analisis teori sosial Karl Mannheim mengenai tindakan manusia dibentuk oleh dua dimensi, yakni perilaku (behavior) dan makna (meaning). Karl Mannheim menawarkan dan membedakan antara tiga macam makna yang terdapat dalam tindakan sosial, yakni: makna objektif, makna ekspresif dan makna documenter. Hasil penulisan menunjukkan bahwa 1) Zikir ini merupakan perilaku yang dilakukan sebagai bentuk pemahaman terhadap hadis Nabi dan memiliki makna. 2) Makna dari Zikir Nihadul Mustagfirin berdasarkan pada teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim adalah Pertama, makna objektif dzikir tersebut merupakan bentuk kepatuhan terhadap kyai yang Kedua, Makna ekspresif bahwa zikir tersebut bertujuan untuk media doa dalam memperlancar hajat, mendekatkan diri kepada Allah, penenang jiwa, ilmu, silaturrahim dan menghindari hal yang tidak bermanfaat. Ketiga, makna dokumenter yakni ZikirNihadul Mustagfirin secara sadar atau tidak sadar merupakan bentuk rutinitas dari masyarakat Yayasan Miftahurrahman.

Keywords


zikir, living hadis, teori Karl Mannheim

References


Abidin, Z. (2018). No Titl. Jepara.

Abul Yasin, F. (2002). Terapi Rohani Pengobatan Penyakit Hati. Surabaya: Terbit Bintang.

Baum, G. (1999). Agama Dalam Bayang- bayang Relativisme: Sebuah Analisis Sosiologi Pengetahuan Karl Mannheim tentang Sintesa Kebenaran Historis- Normatif. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Farihah, S. (2018). No Titl. Jepara.

Fatihuddin. (2010). Tentramkan Hati Dengan Żikir. Delta Prima Press.

Fatma, N. (2018). No Titl. Jepara.

Ibn Kasiir, I. A. al-F. I. (1994). Tafsir Ibnu Katsir. In I. Kairo: Muassasah Daar al- Hilal.

Khalim, Y. (2018). No Titl. 2018.

Listiyana, E. (2018). No Titl. Jepara.

Mufid, A. (2018). No Ti. Jepara.

Munawwir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawwir. In Kamus Al-Munawwir. Pustaka Progressif.

Mustaqim, A. (2014). Metode Penelitian Al- Qur’an dan Tafsir. Yogyakarta: Idea Press.

Saebeni, B. A. (2015). Filsafat ilmu dan Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Soehadha, M. (2012). Metode Penelitian Sosial Kualitatif Untuk Studi Agama. Yogyakarta: SUKA Press.

Sofiana. (2018). No Titl. Jepara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi. (2007). Dari Living Sunnah ke Living Hadis, dalam ,Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis. Yogyakarta: Teras.

Suryadilaga, M. A. (2009). Aplikasi Penelitian Hadis. Yogyakarta: Teras.

Syahri. (2018). Wawancara 1. Jepara.

Syamsuddin, S. (2007). Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis. Yogyakarta: Teras.

Ibn Katsir, A. (1994). Tafsir Ibnu Katsir jilid 1, Kairo: Muassasah Daar al-Hilal.

Shiddieqy, M. H. (1994). Pokok-Pokok Ilmu Dirayah Hadits. Jakarta: Bulan Bintang.

Baum, G. (1999). Agama Dalam Bayang-Bayang Relativisme: Sebuah Analisis Sosiologi Pengetahuan Karl Mannheim tentang Sintesa Kebenaran Historis- Normatif. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Chudlori. (n.d.) al-Aurod Nihāḍul Mustagfirin. Magelang: At-Tho’abah Ats- Tsalist.

Fatihuddin. (2010). Tentramkan Hati Dengan Żikir. Delta Prima Press.

Munawwir, A. W. (1997). Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Mustaqim, Abdul.Metode Penulisan Al- Qur’an dan Tafsir.Yogyakarta, Idea Press:2014.

Saebeni, Beni Ahmad.Filsafat ilmu dan Metode Penulisan. Bandung, Pustaka Setia, 2015.

Shihab, M. Quraisy. Membumikan Al- Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan. 2007.

Soehadha , Moh. Metode Penulisan Sosial Kualitatif Untuk Studi Agama. Yogyakarta: SUKA Press,2012.

Sugiyono.Metode Penulisan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Suryadi. Dari Living Sunnah ke Living Hadis, dalam ,Metodologi Penulisan Living Qur’an dan Hadis Oleh Alfatih Suyadilangga. Yogyakarta” Teras, 2007.

Suryadilangga , M. Alfatih. Aplikasi Penulisan Hadis. Yogyakarta: Teras, 2009.

Syamsuddin, Sahiron. Metodologi Penulisan Living Qur’an dan Hadis,.Yogyakarta: Teras, 2007.

Ulya.Metode Penulisan Tafsir. Kudus: Nora Enterprise, 2010.

Yasin, Fatihuddin Abul. Terapi Rohani Pengobatan Penyakit Hati,. Surabaya: Terbit Bintang, 2002.

Wawancara

Abdul Mufid, wawancara oleh penulis, wawancara 5, transkip, 20 Oktober, 2018.

Emi Listiyana, wawancara oleh penulis, wawancara 7, transkip, 18 Oktober, 2018.

Emi Listiyana, wawancara oleh penulis, wawancara 7, transkip, 18 Oktober, 2018.

Maktabah Syamilla

Muhammad Takrel, wawancara oleh penulis ,wawancara 3, transkip, 19 Oktober, 2018.

Nita Fatma Sari, wawancara oleh penulis, wawancara 10, transkip, 18 Oktober, 2018.

Silahuddin, wawancara oleh penulis, , wawancara 2, transkip, 20 Oktober, 2018.

Siti Farihah, wawancara oleh penulis, wawancara 11, transkip, 19 Oktober, 2018,.

Siti Isnawati, wawancara oleh penulis, wawancara 4, transkip, 19 Oktober, 2018.

Sofiana, wawancara oleh penulis, wawancara 9, transkip, 18 Oktober, 2018.

Syahri, wawancara oleh penulis, wawancara 1, transkip, 19 Oktober, 2018.

Yun Khalim, wawancara oleh penulis, wawancara 8, transkip, 18 Oktober, 2018.

Zaenal Abidin, wawancara oleh penulis, wawancara 6, transkip, 18 Oktober,2018.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v5i2.5013

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.