Open Journal Systems

KONTRIBUSI AHMAD LUTFI FATHULLAH DALAM KAJIAN HADIS INDONESIA MELALUI APLIKASI PERPUSTAKAAN ISLAM DIGITAL

Muhammad Syarif Hidayat, Zulham Qudsi Farizal Alam

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kontribusi Dr.Ahmad Lutfi Fathullah terhadap perkembangan kajian hadis diindonesia dengan fokus kepada kajian hadis yang beliau kembangkan dalam dunia digital, khususnya perpustakaan Islam digital. Sumber utama adalah karya Dr. Ahmad Lutfi Fathullah yang beliau buat dalam bentuk digital, yaitu perpustakaan Islam digital. Peneliti menggunakan teknik observasi dengan menggunakan metode deskriptif-analitis. Hasil penelitian ini adalah Dr. Ahmad Lutfi Fathullah adalah tokoh yang mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan ilmu hadis diIndonesia. Karya-karya beliau yang unik, menarik dan berbeda dengan masa-masa sebelumnya menjadi daya tarik tersendiri di era digital sekarang ini. Itu karena Dr. Ahmad Lutfi Fathullah mengembangkan ilmu hadis dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana untuk mempermudah orang lain mempelajari hadis yaitu dengan membuat aplikasi-aplikasi komputer dan juga smartphone.

Keywords


Kontribusi, Dr. Ahmad Lutfi Fathullah, Kajian Hadis, Era Digital, Perpustakaan Islam Digital

References


Al-Khatib, M. ‘Ajaj. (2007). Ushul Al-Hadis (N. A. Musyafiq, Penerj.). Jakarta: Gaya Media Pratama.

Darta, A. (2017). Kontribusi Dr. Ahmad Luthfi Fathullah dalam Perkembangan Kajian Hadis di Indonesia. Al-Razi: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Kemayarakatan, 16(2), 15.

Hartinah, S. (2009). Pemanfaatan Alih Media untuk Pengembangan Perpustakaan Digital. Visi Pustaka, 11(3).

Istianah, & Wahyuningsih, S. (2019). The Hadith Digitization in Millennial Era: A Study at Center for Hadith Studies, Indonesia. Qudus International Journal of Islamic Studies, 7(1).

Itr, N. (2012). Ulumul Hadis. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Rifai, A. (2013). Perpustakaan Islam: Konsep, Sejarah, dan Kontribusinya dalam Membangun Peradaban Islam Masa Klasik. Jakarta: Rajawali Pers.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v5i2.6145

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.