Open Journal Systems

LITERASI HADIS DALAM KHAZANAH KITAB KUNING PESANTREN

Muh Amiruddin, Abdul Karim

Abstract

Kitab kuning selalu identik dengan dunia pesantren Nusantara. Kitab kuning yang diajarkan di pesantren mencakup beragam cabang-cabang ilmu keislaman, termasuk hadis. Selama ini porsi terbesar dalam pengajian-pengajian kitab kuning adalah pada bidang fikihdan akhlak karena dua bidang inilah yang langsung memberikan pemahaman jelas pada pengamalan-pengamalan sehari-hari. Di sisi lain, kitab kuning tidak terbatas hanya pada dua bidang studi tersebut, ada juga bidang hadis yang menjadi topik utama pada artikel ini. Hadis masih kalah popular dengan disiplin ilmu keislaman lain karena membutuhkan pengetahuan seperangkat ilmu-ilmu penunjang, pemahaman yang tinggi dan tidak serta-merta langsung dengan mudah bisa diamalkan. Inilah yang menjadikan perkembangan studi hadis di nusantara agak lebih belakangan dibandinkan bidang lainnya. Artikel ini berusaha untuk melacak penelitian-penelitian yang telah dilakukan terhadap kitab-kitab kuning di pesantren dan memilah-milahnya untuk menentukan kitab-kitab dalam bidang hadis. Dengan demikian bisa diketahui kitab-kitab hadis apa saja yang biasa diajarkan di pesantren.

Keywords


Hadis, Kitab Kuning, Pesantren

References


Bruinessen, M. van. (1990). Kitab Kuning, Books in Arabic Script used in the Pesantren milieu. Leiden: KITLV Publication.

Bruinessen, M. van. (1999). Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat. Bandung: Mizan.

Daulay, H. P. (2007). Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dhofier, Z. (1990). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

Edi, T. (2007). Ensiklopedi Kitab Kuning. Jakarta: Aulia Press.

Göksoy, İ. H. (2003). Endonezya’da Din Eğitimi Kurumları ve Tarihi Gelişimleri. Dini Araştırmalar Dergisi, 15, 37–64.

Hasbullah. (1995). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mas’ud, A. (2002). Sejarah dan Budaya Pesantren. In S. M. Ismail (Ed.), Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

Masudi, M. F. (1985). Mengenal Pemikiran Kitab Kuning. In D. Rahardjo (Ed.), Pergulatan Dunia Pesantren. Jakarta: P3M.

Mukti Ali, A. (1987). Beberapa Persoalan Agama Dewasa Ini. Depok: Rajawali Pers.

Mulkhan, A. M. (1998). Re-Tradisi Intelektualitas Pesantren: Religiusitas Iptek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tasrif, M. (2004). Studi Hadis di Indonesia (Telaah Historis terhadap Studi Hadis dari Abad XVIISekarang). Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 5(1).

Ziemek, M. (1986). Pesantren dan Perubahan Sosial. Jakarta: P3M.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v6i1.6862

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.