STRATEGI SYIAR ISLAM DI DESA KLUMPIT KEC. GEBOG KABUPATEN KUDUS

Abdul Karim

Abstract


Tulisan ini menjelaskan tentang Strategi Syiar Islam di Desa Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Penulis mencoba mengungkap strategi yang efektif dalam melakukan dakwah di masyarakat desa Klumpit tersebut dengan menggunakan pendekatan sosial (social approach). Bahwa desa klumpit sesungguhnya memiliki berbagai sumber daya dan prasarana yang memadai dalam mengaktualisasikan syiar Islam. Namun karena berbagai faktor yang dihadapi oleh masyarakat desa Klumpit tersebut, menjadikan suatu keadaan vacum dan stagnannya syiar Islam di desa tersebut. Hal ini memiliki pengaruh negatif yang cukup kuat bagi generasi muda yang ada di desa tersebut. Hasil dari pendekatan tersebut adalah terungkapnya berbagai faktor yang menjadikan tidak hidupnya syiar Islam, tidak adanya sentral kajian Islam di masjid Baitul Fattah desa Klumpit menjadi faktor utama kevacuman syiar Islam tersebut. Dengan dihidupkan kembali kajian Islam di Masjid tersebut, maka gairah masyarakat menjadi hidup dalam memakmurkan Masjid yang sekaligus menjadi pertanda syiarnya dakwah Islam.


Keywords


Strategi, syiar, Masjid, dan kajian Islam

References


Adz Dzahabi, Muhammad Husain, At-Tafsir Wa al-Mufassirun, Maktabah Syamilah juz . 4.

Ahmad Shawi al-Maliki, Hasiyat al-Allamat al-Shawi ‘ala Tafsir al-Jalalain, juz I Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Esrom Aritonang, dkk. (ed) Pendampingan Komunitas PeDesaan, jakarta: Sekretaria Bina Desa, 2001.

Hendar Riyadi, Tafsir Emansipatoris Arah Baru Studi Tafsir Al-Qur’an, Bandung, Pustaka Setia, 2005.

Imam Jalaluddin al-Mahalli dan Imam Jalaluddin al-Suyuthi (Diterjemahkan oleh Bahrun Abu Bakar, Lc.), Tafsir Jalalain I. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2009.

M. Mansyur dkk, Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis, Kata Pengantar, Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, MA., Yogyakarta, TH-Press, 2007.

Mansour Fakih, dkk. Pendidikan populer: Membangun Kesadaran Kritis, Yogyakarta: Insist Press dan ReaD Book, 2001.

Robert Chambers, Pembangunan Desa Mulai dari Belakang, Jakarta: LP3ES, 1987.

Suyanto, Pendampingan Komunitas dalam Kajian Sosiologi, dalam populis, Edisi No IV, Yogyakarta, BEM-J PMI Fakultas Dakwah, 2004.

W.A. Gerungan, Psikologi Sosial, Bandung: PT. Eresco, 1991.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TADBIR : Jurnal Manajemen Dakwah

This Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/cosmos.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/isjd.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/journalfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/jifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/journaltocs.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/scholarsteer.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiakeys.jpg

Tadbir Jurnal Manajemen Dakwah, This ejournal system and it's contents licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License