TASAWUF SEBAGAI MEDIA KEPUASAN BATIN DALAM KONTEKS HAL DAN MAQAM

Masturin Masturin

Abstract


 

Inti ajaran semua agama adalah penyerahan kepada Tuhan pencipta alam semesta, yang dalam bahasa Arab disebut Islam dalam arti generik. Perbedaan pendapat yang terjadi adalah akibat kebanggaan dan sikap menolak. Penyerahan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, tanpa sedikitpun mengasosiasikan atribut Ketuhanan kepada apa dan siapapun selain daripada-Nya sendiri, merupakan satu-satunya sikap keagamaan yang benar, dan sikap selain itu tertolak.

Tasawuf merupakan olah rohani untuk mendekatkan roh manusia kepada Tuhan sehingga dapat berhubungan langsung dengan Tuhan. Hubungan langsung antara roh manusia dengan Tuhan baik dalam bentuk komunikasi maupun dialog dapat dicapai melalui pengasingan diri dan kontemplasi. Kesa­daran akan adanya komunikasi dan dialog inilah yang menjadi inti dari tasawuf.

Ada segolongan umat Islam yang belum merasa puas dengan pendekatan diri kepada Tuhan melalui ibadah shalat, puasa dan haji. Mereka ingin lebih dekat lagi dengan Tuhan. Jalan untuk itu diberikan oleh al-tasawwuf. Al-tasawwuf atau sufisme ialah istilah yang khusus dipakai untuk menggambarkan mistisisme dalam Islam.

Ada beberapa, maqam yang harus dilalui oleh seorang sufi untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Di antara para ahli tasawuf terjadi perbedaan pandangan mengenai jumlah dan susunan maqam. Abu Bakar Muhammad al-Kalabadzi tam­paknya lebih rinci dalam mengemukakan maqamat yang harus dilalui oleh seorang, sufi dibandingkan dengan ahli tasawuf lainnya. Maqamat yang dikemukakan oleh Abu Bakar Muhammad al-Kalabadzi secara berurutan adalah al-tau­bah, al-zuhd, al-shabr, al-faqr, al-tawadlu', al-taqwa, al-tawakkal, al-ridlo, al-mahabbah, dan al-ma'rifah.


Keywords


tasawuf, kepuasan batin, khal dan maqam

References


Aceh, Abubakar, Pengantar 17mu Tarekat Uraian Tentang Mistik, Ramadhani, Solo, 1986.

_____________, Pengantar Sejarah Sufi dan Tasawwuf, Ramadhani,

Solo, t._th.

Adz-Dzahabi, Husein, Penyimpangan-penyimpangan Dalam Penafsiran Al-Qur'an, Terjemahan Hamim Ilyas dan Machnun Husein, CV. Rajawali, Jakarta, 1986.

Al-Ghazali, Muhammad, Al-Ghazali menjawab 40 Soal Islam Abad XX, Mizan, Bandung, 1989.

Depag RI., AI-Qur'an dan Terjemahnya, Proyek Pengadaann, Kitab Suci Al-Qur'an Depag RI., 1984/1985.

Gibb, H.A.R., Islam Dalam Lintasan Sejarah, Terjemah

Abusalamah, Bhratara, Jakarta, 1983.

Groneboum, Van (ed.), G.W.J. Drewes, Indonesia: Mistisisme dan Aktivisme, dalam Islam kesatuan dan keragaman, Yayasan Obor Jakarta,

Hamka, Tasauf Modern, Yayasan Nurul Islam, Jakarta, 1982.

Kastama, Emo, dkk., Ibadah Suatu Metode Penyadaran Kurban Narkotika dengan dzikrullah Thariqat Qadiriyyah Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren Suryabaya Tasik¬malaya Jawa Barat, PP Suryalaya Tasikmalaya, 1990.

Nasution, Harun, Falsafat dan Mistisisme Dalam Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1973.,

Qardhawl, Yusuf, Fatwa-fatwa Kontemporer, Terjemahan Jilid I, Gema Insani Press, Jakarta, 1995.

Rasjidi M, Koreksi Terhadap Dr. Harun Nasution, Tentang Islam ditinjau dari berbagai aspeknya, Bolan Bintang, Jakarta, 1977.

Sjukur, M. Asjwadie, Ilmu Tasawwuf, Bina Ilmu, Surabaya, 1982.

Simuh, Mistik Islam Kejawen Raden Ngabehi Ranggawarsita, Jakarta, U1 Press, 1988.

Umarle, Barmawle, Sistematik Tasawwuf, Ramadhani, Solo, 1961.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TADBIR : Jurnal Manajemen Dakwah

This Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/cosmos.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/isjd.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/journalfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/jifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/journaltocs.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/scholarsteer.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiakeys.jpg

Tadbir Jurnal Manajemen Dakwah, This ejournal system and it's contents licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License