STRATEGI KLASTER INDUSTRI MENGHADAPI PASAR GLOBAL

Irsad Andriyanto, Nurjanah Nurjanah

Abstract


ASEAN  Economic  Community  (AEC)  2015  can  bring  both  positive and  negative  impact  on  MSMEs.  To  deal  with  any  negative  impacts,
SMEs  need  for  strategies  to  exist  and  continue  growing.  One  such strategy  is  the  cluster  approach.  This  approach  is  done  by  grouping
the  core  industries  that  are  interconnected,  both  supporting industries  (supporting  industries),  industries  related    (related industries), supporting    services,    economic    infrastructure,  research, training,     education,     information infrastructure,     technology infrastructure,  natural  resources,  and  any  related  institutions. Cluster  is  also  a  way  to  set  some  economic  development  activities.  Based  on  the  result, Strategies  to  Increase  Industry  Competitiveness  in Facing  ASEAN  Economic  Community  (AEC)  is  done  by:  1.  The  use of  core  competencies  in  seeking  to  improve  the  competitiveness clusters.  And  2.  Creating  their  competitive  advantage  cluster  based on RBV (Resources Based Value) approach.

Keywords


competitiveness, strategy, cluster industry

Full Text:

PDF

References


Ana Syukriah dan Imam Hamdani, “Peningkatan Eksistensi UMKM Melalui Comparative Advantage dalam Rangka Menghadapi MEA 2015 Di Temanggung”, dalam Jurnal Economics Development Analysis Journal, Edaj 2 (2) (2013)

Husni Mubarok, Manajemen Strategi, Idea, Yogyakarta, 2009.

I Wayan Dipta, Revitalisasi Koperasi Indonesia Menghadapi Era Globalisasi, INFOKOP Volume 20 – Juni 2012.

Jaidan Jauhari, “Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce”, dalam Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 2, No. 1, April 2010.

Kacung Marijan, Mengembangkan Industri Kecil Menengah Melalui Pendekatan Klaster, dalam Jurnal INSAN Vol. 7 No. 3, Desember 2005.

Kementerian Koperasi dan UKM Http://Depkop.Go.Id/Index. Diakses Tgl 18 Desember 2014 Pukul 12:30

Mudrajad Kuncoro, “Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif”, Erlangga, Jakarta, 2005.

Mudrajad Kuncoro, Irwan Adimaschandra Supomo, Analisis Formasi Keterkaitan, Pola Klaster dan Orientasi Pasar: Studi Kasus Sentra Industri Keramik Di Kasongan, Kabupaten Bantul, D.I.Yogyakarta, Jurnal Empirika Volume 16, No.1, Juni 2003.

Mudrajat Kuncoro, Masalah, Kebijakan, dan Politik Ekonomika Pembangunan, Erlangga,kota, 2010.

Neddy Rafinaldy, “Memeta Potensi Dan Karakteristik UMKM Bagi Penumbuhan Usaha Baru”, dalam Jurnal Infokop Nomor 29 Tahun Xxii, 2006.

BISNIS, Vol. 3, No. 1, Juni 2015

Pearce John A., Robinson Richard B., Formulation, Implementation, and Control of Competitive Strategy, McGraw Hill. 2009

Prihatin Lumbanraja, “Bersama UKM Membangun Ekonomi Rakyat Dan Lingkungan Hidup”, dalam Jurnal Ekonomi Vol 14, No 2, April 2001.

Rusdin, Bisnis Internasional Dalam Pendekatan Praktik, jilid 1, Alfabetta, Bandung,2002.

Sartono, Agus, Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi (4thed),BPFE, Yogyakarta, 2010.

Sri Susilo,Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM dalam Implementasi CAFTA Dan MEA, dalam Jurnal Buletin Ekonomi Vol. 8, No. 2, Agustus 2010.

Suarja, W., Prospek Pengembangan Kredit Usaha Rakyat dalam Mendukung Pemberdayaan UMKM dan Koperasi, Harian Media Indonesia tanggal 23 November 2007, Jakarta

Tedjo Tripomo, Manajemen Strategi, Rekayasa Sains, Bandung,2005, hlm. 106-107

Tulus T. H Tambunan, Industrialisasi di Negara Sedang Berkembang, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2001.

Tulus T.H. Tambunan, UMKM Di Indonesia, Ghalia Indonesia, Bogor, 2009.

Widjajani, Gatot Yudoko, Industri Kecil Tradisional Dengan Pendekatan Berbasis Sumber Daya: Studi Kasus Pengusaha Industri Kecil Logam Kiara Condong, Bandung, dalam Jurnal Teknik Industri Vol. 10, No. 1, Juni2008: 50-64.

Yuli Wibowo, et.al, Strategi Pengembangan Klaster Industri Rumput Laut Yang Berkelanjutan, dalam Jurnal Agritek Volume 12 Nomor 1 Maret 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Bisnis dan manajemen Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.