APLIKASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN STAIN KUDUS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Sri Anah

Abstract


Kemajuan ilmu dan teknologi telah membuat jarak dan ruang menjadi tanpa batas. Segala peristiwa di berbagai belahan dunia dengan mudah diakses dan diketahui dalam hitungan detik.Hal ini tentu dapat memberikan dampak baik posistif maupun negatif terhadap pemahaman fenomena-fenomena tersebut. Demikian pula dengan kemajuan sistem informasi di perpustakaan. Dimana dulu pelayanan masih menggunakan metode manual (manual methode) sekarang sudah menggunakan sistem automasi perpustakaan (library automation). Disini saya akan menjelaskan tentang aplikasi sistem yang ada di perpustakaan STAIN Kudus berbasis teknologi informasi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan dan kualitas pelayanan pada pengguna (right information, right user dan right now), sehingga mempermudah pemustaka dalam menelusur katalog dan menghemat waktu pencarian buku di perpustakaan STAIN Kudus.

Keywords


sistem informasi; teknologi informasi; automasi perpustakaan; aplikasi sistem

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Saleh. Membangun Perpustakaan Digital : Step by Step. 2010. Jakarta : Sagung Seto.

Alwi Hasan, dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Jakarta : Deapartemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Daryono. 2008. Meningkatkan kualitas layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi. (http://daryono.staff.uns.ac.id). Diakses pada tanggal 26 Maret 2015.

Fahmi, Ismail. 2002. Toolkit Membangun perpustakaan berbasis teknologi informasi. Jakarta : Library Expo 2002.

Ishak. 2008. Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi. http://www.usu.ac.id. Diakses pada tanggal 26 Maret 2015.

Jogiyanto H. M. 2003. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset

Jogiyanto H. M. 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.

Sulistyo, BASUKI. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka.

Tim Penyusun Buku Panduan Pesrpustakaan STAIN Kudus. 2014. Buku Panduan Perpustakaan STAIN Kudus. Kudus : Perpustakaan STAIN Kudus.

Sutarno NS. Perpustakaan dan Masyarakat. 2006. Jakarta : Sagung Seto.

Wahyudi Kumorotomo, Subando Agus Margono. Sistem Informasi Manajemen: Dalam Organisasi-Organisasi Publik. 2004. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i1.1571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.