IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Nur Zjulla

Abstract


Peningkatan kualitas perpustakaan adalah salah satu syarat utama dan tidak dapat diabaikan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu akademik menuju perguruan tinggi berkelas dunia (world class university). Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan perpustakaan perguruan tinggi yang berkualitas adalah dengan menerapkan konsep dasar TQM (Total Quality Management). Penerapan filosofi TQM ini memerlukan dukungan dari semua pihak, dimana kuncinya adalah kepemimpinan (Leadership), perubahan budaya (Culture change) dan pemberdayaaan karyawan (Employee empowerment), serta keterlibatan karyawan dalam bentuk kerja tim yang dikenal Gugus Kendali Mutu / Qulaity Control Circle (QCC).TQM yang diterapkan suatu perguruan tinggi sebagai upaya untuk meningkatkan mutu atau kualitas pelayanan perpustakaan ada 3 (tiga) unsur yang harus diperhatikan dan dilaksanakan yaitu : Perencanaan Kualitas (Quality Planning), Pengendalian Mutu (Quality Control), dan Perbaikan Mutu (Quality Improvement).

Keywords


Total Quality Management; Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Fahriyah dalam Jurnal Inovasi : Jurnal Humaniora, Sains, dan Pengajaran. Total Quality Manajemen. Volume XVI, Nomor 2, Mei 2008, Diunduh pada tanggal 27 Maret 2015.

Hardjosoedarmo, Soewarso. 2002. Total Quality Management. Yogyakarta : Andi.

Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy, dan Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta : Andi.

Prastowo, Andi. 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta : Diva Press.

Ratminto & Winarsih, Septi, Atik. 2005. Manajemen Pelayanan : Pengembangan Model Konseptua, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Tampubolon, Daulat P. 2001. Perguruan Tinggi Bermutu : Paradigm Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad Ke-2. Jakarta : Gremedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i1.1572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.