Pengaruh Pemahaman Konsep Asam Basa terhadap Konsep Hidrolisis Garam Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas XI

Ratna Kartika Irawati

Abstract


Konsep-konsep dalam ilmu kimia bersifat abstrak dan saling berhubungan, seperti konsep asam basa dan hidrolisis garam. Hal ini dimungkinkan apabila pemahaman konsep asam basa siswa rendah maka akan sulit memahami konsep hidrolisis dengan baik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep asam basa terhadap konsep hidrolisis garam pada mata pelajaran kimia SMA kelas XI MIPA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep yang terdiri atas 15 soal pilihan ganda berpasangan antara konsep asam basa dan hidrolisis garam. Analisis data menggunakan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemahaman konsep asam basa terhadap pemahaman konsep hidrolisis garam dengan korelasi tergolong kuat. Sebanyak 51,5% pemahaman konsep asam basa mempengaruhi pemahaman konsep hidrolisis garam.

Full Text:

PDF

References


Amelia, D., Marheni, dan Nurbaity. 2014. Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Menggunakan Teknik CRI (Certainty of Response Index) Termodifikasi. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. Vol. 4(1): 260-266.

Bradley, J.D., dan Mosimege, M.D. 1998. Misconceptions in Acids and Bases: A Comparative Study of Student Teachers with Different Chemistry Backgrounds. South African Journal of Chemistry. Vol 51 (3): 137-145.

Chang,R. 2003. Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti Jilid 1. Terjemahan oleh Muhamad Abdulkadir, dkk . 2005. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Effendy. 2002. Upaya untuk Mengurangi Kesalahan Konsep dalam Pengajaran Kimia dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif. Media Komunikasi Kimia, 2(6):1-20.

Imaduddin, M. 2018. Analisis Miskonsepsi Submikroskopik Konsep Larutan Pada Calon Guru Kimia. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(2): 1-12.

Kala, Nesli., Yaman, Fatma., dan Ayas, Alipasa. 2013. The Effectiveness of Predict-ObserveExplain Technique in Probing Students Understanding About Acid-Base Chemistry: A Case for The Concepts of pH, pOH, and Strength. International Journal of Science and Mathematics Education. 11(2): 555-574.

Kean, E. dan Middlecamp, C. 1985. Panduan Belajar Kimia Dasar. Jakarta: PT Gramedia.

Monangin, R.R. 1999. Kerancuan Pemahaman Konsep Sebagai Akibat Pengajaran Konsep Asam-Basa Arrhenius dan Konsep Asam-Basa Bronsted-Lowry. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang.

Mufidah, L. 2008. Pengaruh Penguasaan Konsep Asam Basa terhadap Tingkat Penguasaan Konsep Hidrolisis Garam yang Diajarkan dengan Model Learning Cycle 5 Fase. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang.

Mujiwati, N. 2014. Identifikasi Pemahaman Konsep Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang.

Nakhleh, M.B. 1992. Why Some Students Don’t Learn Chemistry. Journal of Chemical Education, 69 (3): 191-195.

Orwat, K., Bernard, P., Mikuli, A.M. 2017. Alternative Conceptions of Common Salt Hydrolysis among Upper Secondary School Students. Journal of Baltic Science Education. Vol 16 (1): 64-76.

Smith, K.J. dan Metz, P.A. 1996. A Grinard Reaction to Dye For, Evaluating Student Understanding of Solution Chemistry through Microscopic Representations. Journal of Chemical Education, 73(3): 233-235.

Sukarna, I.M. 2000. Karakteristik Ilmu Kimia dan Keterkaitannya Dengan Pembelajaran di Tingkat SMU. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Vos,W. dan Pilot,A. 2001. Acids and Bases in Layers: The Stratal Structure of an Ancient Topic. Journal of Chemical Education. 78(2): 494-498.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.