Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Meminimalkan Miskonsepsi Siswa pada Materi Cahaya

Henry Setya Budhi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan model pembelajaran berbasis pengalaman dalam pembelajaran materi cahaya dan mendeskripsikan efektivitasnya dalam meminimalkan terjadinya miskonsepsi. Metode  penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan deskriptif. Kajian difokuskan pada tingkat miskonsepsi siswa kelas VIII Semester 2. Pengumpulan data dilakukan dengan postest untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan tes diagnostik bermetode CRI (Certainty of Response Indeks). Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran berbasis pengalaman pada materi cahaya secara signifikan lebih dapat meminimalkan miskonsepsi siswa dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata posttest miskonsepsi untuk kelas eksperimen sebesar 9, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 32.

Full Text:

PDF

References


Cahyani, Isah. (2009). Peran Experiential Learning dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran BIPA. Tersedia dalam http: // www.ialf.edu/ kipbipa/ papers/ cahyaniIsah.doc./ diakses 2 April 2017

Creswell, John W (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Depdiknas. 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensis Untuk Mata Pelajaran Kimia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Freankel, J.R Dan Wallen, N.E (2007). How to Design and Evaluate research in Education. (Six Edition). New York: Mc Graw Hill.

Hasan, S., Bagayoko, D. & Kelley, E.L. (1999). “Misconception and the Cerainty of Response Index (CRI)”. Physics Education. 34, (5), 294-299.

Kolb, D.A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Sources of Learning And Development. New Jersey: Prentice Hall.

McLeod, Saul. (2010). Kolb Learning Styles. Tersedia dalam simplypsychology.org/learning-kolb.html/ diakses 5 April 2017

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Van den Berg, E. (1991). Miskonsepsi Fisika dan Remediasinya. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v1i2.4110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.