Strategi yang Dapat Dikembangkan Dalam Pembelajaran Laboratorium Biologi

Iseu Laelasari, Nela Eva Sari, Nailan Nuhaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa strategi paedagogik yang dapat dilakukan oleh guru ataupun dosen untuk meningkatkan efektifitas dan efisensi pembelajaran laboratorium sehingga dapat mengembangkan autonomy dan kreativitas siswa serta meminimalisir anggaran dalam pelaksanaan kegiatan praktikum. Penelitian ini merupakan merupakan preliminary research yang didasarkan pada kajian pustaka dari enam jurnal utama dan tujuh  jurnal pendukung dengan tema kegiatan laboratorium. Hasil penelitian mengungkap bahwa beberapa strategi yang dapat dilakukan sebagai alternatif dalam pembelajaran laboratorium diantaranya: (1) penggunaan demonstrasi virtual lab dan video digital, (2) pembelajaran laboratorium melalui pendekatan Mutasi Based Learning (MBL), (3) mengimplementasikan unsur kebudayaan lokal yang relevan dalam modul laboratorium, (4) menjelaskan pengalaman penelitian yang autentik beserta hambatannya dan (5) dan mengkombinasikan beberapa metode dalam kegiatan hands on laboratorium. Strategi pertama dapat digunakan sebagai alternatif pelaksanaan kegiatan laboratorium yang dapat meminimalisir penggunaan anggaran, sedangkan strategi kedua sampai dengan kelima disinyalir dapat lebih mengembangkan autonomy dan kreativitas siswa dalam pelakasanaan kegiatan laboratorium biologi

Full Text:

PDF

References


Adams, D. J. (2009). Current Trends In Laboratory Class Teaching In University Bioscience Programmes. Bioscience Education.

Basey, J.M., et al. (2014). An Evaluation of Two Hands-On Lab Style for Plant Biodiversity in Undergraduate Biology. CBE-Life Science Education. Vol.13, 493-503.

Croker, K., et al. (2010). Enhancing The Student Experience of Laboratory Practicals Throught Digital Video Guides. Bioscience Education. Vol 16.

Hathaway, R.S., Nagda, B.A., & Gregerman, S. R. (2002). The Relationship Of Undergraduate Research Participation To Graduate And Professional Education Pursuit: An Empirical Study. J Coll Stud Dev 43, 614–663.

Hofstein, A., & Mamlok-Naaman, R. (2007). The Laboratory In Science Education: The State Of The Art. Chem Educ Res Pract. Vol 8, 105–107.

Hofstein, A.,& Lunetta, V.N. (2004). The Laboratory In Science Education: Foundations For The Twenty-First Century. Science Education. Vol 88, 28–54.

Leonard, W. (2002). A Comparison Of Student Perfor¬mance Following Instruction By Interactive Videodisc Versus Conventional Laboratory. J. Res. Sci. Teach. 29(1):93–102.

Malderelli., et al. (2009). Virtual Lab Demonstration Improve Student Mastery of Basic Biology Lab Techniques. Journals of Microbiology and Biology Education. Vol. 10, 51-57.

Stuckey-Mickell, T. A., & B. D. Stuckey-Danner. (2007). Virtual Labs In The Online Biology Course: Student Perceptions Of Effectiveness And Usability. Merlot J. Online Learn. Teach. 3:105–111.

Spell, R.M., et al. (2014). Redefining Authentic Research Experiences in Introductory Biology Laboratories and barriers to Their Implementation. CBE-Life Science Education. Vol.13, 102-110.

Spiro, M. D & Knisely, K. I. (2008). Alternation Of Generations And Experimentaldesign: A Guided-Inquiry Lab Exploring The Nature Of The Her1 Developmental Mutant Of Ceratopteris Richardii (C-Fern). CBE Life Science Education. Vol 7, 82–88.

Sritunga, D., et al. (2011). Culturally Relevant Inquiry Based Laboratory Module Implementation in Upper-Division Genetics and Cell Biology Teaching Laboratories. CBE-Life Science Education. Vol.12, 460-470.

Ulya, Fawaida.(2019). Penguatan pendidikan karakter melalui pratikum IPA di sekolah dasar. Prosiding. vol 5,177-180.

Wu, J. (2013). Mutation Based Learning to Improve Student Autonomy and Scientific Inquiry Skills in a Large Genetics Laboratory Course. CBE-Life Science Education. Vol.12, 460-470.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Thabiea Review by http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea This ejournal system and it's contents licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License