Penerapan Pembelajaran Dengan Metode Mindmapping Menggunakan Coggle ™

Dewi Dewantara

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya perbedaan antara hasil belajar sebelum dan setelah menerapkan pembelajaran dengan metode mindmapping menggunakan Coggle ™. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan metode one group pre-test post-test design. Jumlah sampel penelitian adalah 15 orang mahasiswa.  Teknik  pengumpulan data adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan. Hasil analisis uji-t diperoleh nilai t= -5,985 dengan sig (2-tailed) = 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi yakni 0,05. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara hasil belajat mahasiswa sebelum dan setelah menerapkan Pembelajaran dengan metode mindmapping menggunakan Coggle ™.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N., Kamrozzaman, Badusah, J., & Ruzanna, W. M. (2019). Coggle : SWOT analysis in lifelong learning education using online collaborative mind-mapping Keyword s. International Journal of Asian Social Science, 9(1), 139–147. https://doi.org/10.18488/journal.1.2019.91.139.147

Annisa, R., Heryanto, W. P., Rusilowati, A., & Subali, B. (2018). Peningkatan daya ingat dan hasil belajar siswa dengan mind mapping method pada materi listrik dinamis. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 19–23.

Choiroh, A. N. L., Ayu, H. D., & Pratiwi, H. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom menggunakan metode mind mapping terhadap prestasi dan kemandirian belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1–5.

Dewantara, D. (2019). The Effect of Learning with The Mindmapping Method Using Imindmap towards Student’s Analytical Ability. Indonesian Journal of Science and Education, 3(1).

Dewantara, D., Jamal, M. A., & Annur, S. (2013). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Jorong melalui pembelajaran kooperatif tipe somatic auditory visual and intellectual pada pokok bahasan impuls dan momentum. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 159–168.

Hasanah, N. N., Supeno, & Wahyuni, S. (2015). Kekuatan retensi siswa SMA kelas X dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan momentum dan impuls menggunakan lembar kerja siswa berbasis mind mapping. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains, 2(1), 25–32.

Herdin. (2017). 7 Rahasia Mind Map Membuat Anak Genius. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Imaniarti, E., Prihandono, T., & Supriadi, B. (2015). penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai teknik mind mapping terhadap kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa dalam pembelajaran fisika Di SMAN Arjasa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 192–197.

Maksimenkova, O., Neznanov, A., Papushina, I., & Parinov, A. (2011). On Mind Maps Evaluation: A Case of an Automatic Grader Development. Teaching and Learning in a Digital World: Proceedings of the 20th International Conference on Interactive Collaborative Learning, 2.

Mariyam, & Nuraida, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Dipadukan dengan Mind Mapping terhadap Penguasaan Konsep Siswa The Influence of Learning Learning Model of Braind Based Learning with Mind Mapping on Student Concept Construction. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 494–497.

Miranti, M. G., & Wilujeng, B. Y. (2018). Creative Thinking Skills Enhancement Using Mind Mapping. In 1st International Conference on Social, Applied Science and Technology in Home Economics (ICONHOMECS 2017) Creative (Vol. 112, pp. 39–42).

Oktisa, M., Hidayati, & Razi, F. (2015). Pembuatan bahan ajar dalam bentuk brosur menggunakan mind map untuk pembelajaran IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Padang Staf Pengajar Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Padang. Pillar Of Physics Education, 6, 129–136.

Pebriayani, H., Arsyad, M., & Khaeruddin. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIIIa SMPN 33 Makassar. JPS, 1(2), 169–179.

Putri, W. R., Masril, & Gusnedi. (2017). Pengaruh penggunaan LKPD berbasis mind map pada pembelajaran berbasis masalah terhadap pencapaian kompetensi fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Padang pada materi teori kinetik gas dan pemanasan global. Pillar Of Physics Education, 10, 169–176.

Rahma, A. A. (2013). Pengaruh Model Siklus Belajar Berbantuan Mind Map terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Kinerja Laboratorium Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rejoso Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 187–193.

Rohman, A., Ain, T. N., & Cahyo, H. A. (2017). Upaya membangkitkan kreativitas dan motivasi berprestasi mahasiswa calon guru fisika dengan pembelajaran Attention , Relevance , Confidence , Satisfaction ( ARCS ) melalui Mindmap. In SEMINAR NASIONAL FISIKA (SNF) 2017 “Menghilirkan Penelitian-Penelitian Fisika dan Pembelajarannya” (pp. 54–59).

Sinaga, N. R. S. S., & Simatupang, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis kelas X semester II SMA Negeri 2 Sidikalang T.P. 2012/2013. Inpafi, 2(1).

Sitindaon, R. S. H., & Sirait, M. (2015). Pengaruh model problem based learning berbantu mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamik. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(3).

Sutton, G., Fraser, S., & Corbett, M. (2017). Disrupting Perception : Mapping An Understanding Of Educational Attainment. Australian and International Journal of Rural Education, 27(2).

Ulya, A., Santoso, S., & Hamidi, N. (2015). Peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode peta pikiran pada pembelajaran dasar-dasar perbankan. Jurnal “Tata Arta” UNS, 1(3), 332–342.

Windura, S. (2016). Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Thabiea Review by http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea This ejournal system and it's contents licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License