Pengembangan Perangkat Pembelajaran Subkonsep Invertebrata dengan Media Film di SMA

Ulya Fawaida

Abstract


Pembelajaran invertebrata adalah pembelajaran abstrak karena guru tidak mampu membawa hewan invertebrata pada saat pelajaran. Untuk itu peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran dengan media film agar dapat menentukan apakah perangkat tersebut dikembangkan secara efektif dalam pembelajaran subkonsep invertebrata di sekolah menengah atas. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan subjek siswa dan guru. Kami subjek penelitian uji coba terbatas dan uji coba skala besar. Dalam uji coba terbatas menggunakan kelompok Karya Ilmiah Pemuda (KIR), yang berjumlah 20 siswa dan uji coba skala besar menggunakan dua kelas yaitu kelas XA dan XB. Untuk menentukan efektivitas pembelajaran gunakan hasil belajar dan indikator kegiatan siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media secara efektif dalam pengajaran subkonsep film Invertebrata di SMA. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang telah mencapai indikator yang telah ditentukan yaitu ketuntasan belajar 100% pada skala terbatas dan pada skala luas 88, 37% (di kelas A) dan 97,90% (di kelas B). Aktivitas siswa menunjukkan lebih dari 75% termasuk dalam kriteria tinggi, sedangkan penilaian ahli terhadap media menunjukkan bahwa 76% media yang layak digunakan dan aspek materi media cukup layak untuk digunakan (46%).Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan efektif digunakan dalam pembelajaran sub konsep invertebrata pada siswa SMA.


Full Text:

PDF

References


Alessi, S.M & Trollip, S.R (2001). Multimedia for learning;Methods and development. Boston Allyn and Bacon

Prajoko S. 2009. Pengaruh Penerapan Invertebrate Dokumentary Film (IDF) pada Materi Porifera, Cnidaria, dan Platyhelmintes terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa di SMA N I Salaman. (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Riyanto. 2005. Meningkan Hasil Belajar Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler. Forum pendidikan. 3 (30): 18-27

Sudjana N. 1998. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suwarna, et al. 2006. Pengajaran Mikro. Yogyakarya: Tiara Wacana

Weidong Wu. 2010. Teaching Function and Practice Thinking of Psychological Movies. International Education Studies. Vol 3 (3) : 122-125.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Thabiea Review by http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea This ejournal system and it's contents licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License