ANALISIS TREN DAN POLA HUBUNGAN ANTARA INDEX INTEGRITAS UJIAN NASIONAL (IIUN) DAN NILAI UJIAN NASIONAL (UN) PADA SISWA SMA IPA DI PROVINSI ACEH

Mustafa Kamal Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola (pattern), tren, dan gambaran hubungan antara Nilai Ujian Nasional (UN) dan Index Integritas Ujian Nasioan (IIUN) pada Pra dan Pasca (2015-2017) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada siswa SMA jurusan IPA di Provinsi Aceh. Data didapatkan dari hasil publikasi pada website kementerian pendidikan dan Kebudayaan berupa Hasil Ujian Nasional (UN) dan Index Integritas Ujian Nasional (IIUN) dari 103.273 orang siswa/i SMA/sederajat kelas IPA dari seluruh (23) Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh. Untuk (1) melihat pola pola (pattern) dan tren dari Pra-Pasca UNBK (3 tahun) perjalanan Ujian nasional, digunakan analisis dengan statistik descriptiv dengan membandingkan rata-rata (mean) dari UN dan IIUN, standar deviasi (SD) UN. Analisis regresi Linear dengan SPPS digunakan untuk mendapatkan hubungan antara IIUN dan UN. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi perbedaan yang mencolok, dan perubahan yang bertahap antara Pra-dan Pasca pelaksanaan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) pada siswa SMA/sederajat jurusan IPA di provinsi Aceh. Dalam rentang waktu tiga tahun (2015-2017) didapatkan trend penurunan nilai Ujian Nasional (UN) seiring dengan diiplementasikannya UNBK sehingga Index Integritas Ujian Nasional (IIUN) meningkat pada siswa SMA jurusan IPA di seluruh Kabupaten di Provinsi Aceh. Pada Pra-UNBK, Pola yang muncul adalah bahwa Integritas yang rendah memiliki hasil UN yang tinggi dan SD yang kecil. Pada Pasca-UNBK, tren dan pola semakin bergeser terbalik (arah negatif) dimana, nilai Ujian Nasional semakin mengecil, seiring dengan meningkatnya index integritas pelasanaan ujian Nasioanl (IIUN). Selain itu, Trend dan pola hubungan yang menjadi temuan Ujian Nasional dan Integritas penyelenggaraa UN adalah bahwa hubungan integritas dan nilai UN adalah nyata dan signifikan. hal ini bermakna bahwa selama ini salah satu faktor pada tinggi rendahnya nilai Ujian Nasional Siswa IPA di Provinsi Aceh adalah Integritas pelaksanaannya. Hal ini dapat dibuktikan melalui statistik deskriptif maupun analisis regresif.

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, F. (2015:183). Perubahan Kebijakan Ujian Nasional (Studi Pelaksanaan Ujian Nasional 2015. Aspirasi, 6(2):182-202.

Alhadza, A., Zulkifli, M., (2017). National examination and the quality of education in Indonesia. Advances in Social Sciences Research Journal, 4(21). 1-12.

Andina, E. (2015). Ujian Kejujuran Dalam Pelaksanaan UN, Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI. Info Singkat Kesejahteraan Sosial, 7(9):9-12.

Anonimus, (2018). Rangking Hasil Ujian Nasional | Siantar Tertinggi Nias Terendah. http://www.jurnalasia.com/medan/rangking-hasil-ujian-nasional-siantar-tertinggi-nias-terendah/ (Accessed 27 January 2019).

Bektiarso, S., Sudarti, Mahardika, I.K., Lesmono, A.K., Maryani, (2017). Preparation analysis of SMA students in physics in dealing with UNBK Year 2017. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(8): 3714-3715.

BPS, (2018). Index Integritas Ujian Nasional. https://www.bps.go.id/statictable/2017/08/18/1972/indeks-integritas-ujian-nasional.html. (Accessed 27 January 2019).

Carolina, E.S. (2017). Are Islamic Boarding Schools Ready? The Use of the Computer-Based Test in the National Exam Policy for English Subject. Ta’dib: Journal of Islamic Education, 22 (2). 44-53.

Dwiatmoko, A., Rosa, P.H.P., dan Gunawan, R. (2015). Analisis Statistis Data Nilai Ujian Nasional dan Nilai Sekolah Menengah Atas Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Widya Teknik. 14(2)1-7.

Ghasemi A, Zahediasl S. (2012). Normality Tests for Statistical Analysis: A Guide for Non-Statisticians. Int J Endocrinol Metab. 10(2):486-489.

Ghofur, A., (2014). Mereposisi mainstream dan dampak psikologi ujian nasional. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1):34-41.

Idhom, A.M., (2018). Daftar Peraih Nilai Ujian Nasional 2018 SMA Tertinggi di Bali. Retrieved from https://tirto.id/daftar-peraih-nilai-ujian-nasional-2018-sma-tertinggi-di-bali-cJNG. (Accessed 27 January 2019).

Iriani, A., Manongga, D. (2018). Using soft systems methodology as an approach to evaluate cheating in the national examination, Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96(11):3344-3355.

Linggasari, Y. (2016). Nilai SNMPTN Andalkan Indeks Integritas Sekolah. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160115191646-20-104648/nilai-snmptn-andalkan-indeks-integritas-sekolah. (Accessed 27 January 2019).

Mardiana, Handayani, F.S. (2017). Analisis Kesiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Pada SMKN Kota Palembang. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Bisnis, dan Desain 2017. STMIK – Politeknik PalComTech: Palembang. Hal. 283-288.

Mediani, M. (2018). Nilai UN Siswa Jeblok, Kemendikbud Evaluasi Topik Ujian. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180509124612-20-296868/nilai-un-siswa-jeblok-kemendikbud-evaluasi-topik-ujian. (Accessed 27 January 2019).

Prakoso, B.H. (2017). Best Practices Of Unbk Implementation: Achievements And Challenges. Uploaded paper on Website of Indonesian Minsitry of Education. https://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Seminar%20Puspendik%202017/Best%20Practices%20of%20UNBK%20Implementation%20-%20Bagus%20HP.pdf. (Accessed 27 January 2019)..

Prawitasari, F., (2014). Ini 10 Provinsi Peserta Lulus Ujian Nasional Tertinggi. https://nasional.kompas.com/read/2014/06/14/1304132/Ini.10.Provinsi.Peserta.Lulus.Ujian.Nasional.Tertinggi. (Accessed 27 January 2019).

Puspendik kemdikbud, (2018). Slide presentasi: Meta Analisis – Hasil Ujian Nasional untuk menyusun Kebijakan dan Program. https://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Seminar%20Puspendik%202015/Paparan_Meta%20Analisis%20UN.pdf. (Accessed 27 January 2019).

Puspendik Kemdikbud, (2019a). Ujian Nasional Berbasis Komputer 2018/2019: Statistik 2018/2019. https://unbk.kemdikbud.go.id/ (Accessed 27 January 2019).

Puspendik Kemdikbud, (2019b). Persyaratan UNBK. https://unbk.kemdikbud.go.id/persyaratan. (Accessed 27 January 2019).

Puspendik Kemdikbud, (2019c). Perbandingan Hasil Ujian Nasional Program Studi IPA Antar Tahun (poin tren sma/ma).https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasilun/ (Accessed 27 January 2019).

Puspendik kemdikbud, (2019d). Rekapitulasi manual. Laporan Hasil Ujian Nasional: Jumlah Satuan Pendidikan Dan Peserta Berdasarkan Jenis Satuan Pendidikan https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ (Accessed 27 January 2019).

Qodar, N. (2015). Ini Sanksi Bagi Sekolah yang Dapat IIUN Rendah. https://www.liputan6.com/news/read/2234850/ini-sanksi-bagi-sekolah-yang-dapat-iiun-rendah. (Accessed 27 January 2019).

Rahman, Y., Ari, B. (2016). FSGI Masih Kumpulkan Data dan Fakta Kecurangan UN di Seluruh Indonesia.https://kbr.id/nasional/042016/fsgi_masih_kumpulkan_data_dan_fakta_kecurangan_un_di_seluruh_indonesia/80100.html. (Accessed 27 January 2019).

Retnawati, H., Hadi, S., Nugraha, A.C., Arlinwibowo, J., Sulistyaningsih, E., Djidu, H., Apino, E., Heni D. Iryanti. 2017. Implementing the computer-based national examination in Indonesian schools: The challenges and strategies. PROBLEMS OF EDUCATION IN THE 21st CENTURY, (75)6.:612-633.

Saukah, A., Cahyono, A.E., (2015). Ujian nasional di Indonesia dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19 (2):243-255.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.