Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis EMC (Education Mini Club) sebagai Solusi Menghadapi Tantangan Pendidikan dI Era Revolusi Industri 4.0

Ayik Wulandari, Putri Handayani, Dody Rahayu Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan menggunakan metode Education Mini Club (EMC) sebagai solusi dalam menghadapi tantangan pendidikan diera revolusi 4.0 penelitian ini di lakukan karena adanya proses pembelajaran yang kurang sesuai dengan keadaan siswa yang tidak suka dengan metode pembelajaran yang monoton.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode observasi lapangan yang artinya pengamatan secara langsung dilapangan. Pelaksanaan pengamatan yang dilakukan di MTs Nu Ibtidaul Falah yang mendapatkan analisis data adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Education Mini Club (EMC) data tersebut di dapat dari hasil nilai pree test ( sebelum di terapkan nya medode Educatin Mini Club (EMC) di bandingkan dengan nilai setelah di terapkanya metode EMC ini hasil nilai yang diperoleh lebih bagus setelah di terapkannya metode EMC. Sebelum di terapkannya ada beberapa siswa yang belum mncapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang di tetapkan pihak sekolah setelah di terapakan metode EMC ini siswa semua telah mencapai KKM.

 



Full Text:

PDF

References


Anisa Nurul, Naelan Simbolon, (2018). Pengmbangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Materi Gaya di Kelas IV SD Negri 101776 Sampali. Jurnal Pendidikan (8) Hal. 218-220

B. Suryosubroto, (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta

David Hopkins (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Fawaida, U. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Praktikum IPA di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Nasional Pendidikan 2019, Universitas Muria Kudus, 176-180.

Fikri, A.A., Ismah, V. & Paidi, P. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 1, (1), Hal 1-8.

Haqiqi, A. K. & Albar, W. F. Islamic Character in Science Learning for Madrasah Ibtidaiyah Students in the 4.0 Industrial Revolution Era. Proceeding International Conference on Science and Engineering, (2), Hal. 237-240

Kemenristekdikti. (2018). Kebijakan Kemenristekdikti Menghadapi Globalisasi Pendidikan & Revolusi Industri 4.0 (Press release)

Roestiyah N.K, (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Soli Abimanyu, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas

Thaem Albinous, (2012). Metode Diskusi dalam Pembelajaran Struktur Tumbuhan di Kelas IV Sekolah Dasar Negri 10 Sungai Melayu Raya Ketapang. Jurnal Pendidikan. Universitas Tanjung Pura Pontianak




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.5498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.