RESPON SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PIROLISIS SAMPAH PLASTIK BERBASIS LINGKUNGAN DI SMP KABUPATEN MUSI RAWAS

Wahyu Arini, Endang Lovisia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran menggunakan alat pirolisis sampah plastik berbasis lingkungan di SMP Kabupaten Musi Rawas. prosedur yang digunakan mengacu pada desain pengembangan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pemilihan model pengembangan ini didasarkan pada alasan bahwa tahapan-tahapan dasar desain pengembangan ADDIE sederhana, mudah dipelajari, simpel serta lebih mudah dipraktikkan dalam pengembangan media pembelajaran subjek penelitian pada saat identifikasi kelayakan media belajar adalah siswa kelas VII melalui teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini data kuantitatif adalah data hasil penelitian yang diperoleh dari lembar penelitian angket respon siswa dan guru serta tahap analisis data yang dilakukan untuk melihat dan mengamati permasalahan yang ada di SMP Negeri Kabupaten Musi Rawas dalam pembelajaran terkait sumber belajar berupa media belajar yang mereka gunakan dalam pembelajaran IPA bidang Fisika untuk materi suhu dan kalor. Berdasarkan hasil angket respon yang telah diisi oleh 27 siswa dengan uji coba kelompok terbatas dan luas didapat bahwa alat pirolisis tersebut sangat praktis dengan persentase uji coba kelompok luas sebesar 85,53% dan uji coba kelompok terbatas 88,53%. Serta untuk buku panduannya pada uji coba kelompok luas dengan persentase sebesar 86,79%, serta buku panduan uji kelompok terbatas sangat praktis dengan persentase sebesar 88,5%.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Panjaitan, R.G.P dkk,. (2016). Respon Siswa Terhadap Media E-Comic Bilingual Sub Materi Bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5 (3): 1-12.

Ali, Muhson. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2) 1-10.

Amir, M.T. (2015). Merancang Kuesioner. Prenadamedia Group. Jakarta.

Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. LPP UNS dan UNS Press. Surakarta.

A.Pribadi, Benny. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Hafid. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2) 69-78.

Hidayati, N., dkk. (2013). Respon Guru dan Siswa terhadap Pembelajaran Permainan Bolavoli yang Dilakukan dengan Pendekatan Modifikasi (Pada Siswa Kelas V SDN Wateswinagun I Lamongan). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 1 (1): 104-106.

Maimunah. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar, 5(1)3-24.

Ni Kadek, Pirgayanti. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Model Luther dalam Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 di SMP Negeri 5 negara. Jurnal EDUTECH Undiksha, 3(1).

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.

Steffi, Adam, dkk. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. Jurnal CBIS, 3(2) 78-90.

Sudjana, N. dan Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kalitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Jorunal, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Thabiea Review by http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea This ejournal system and it's contents licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License