SCIENCEPRENEURSHIP MAHASISWA PRODI IPA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM BIOLOGI DASAR

Ulya Fawaida, Henry Setya Budhi, Ullum Miftaqul Zannah

Abstract


Pada era yang terus berkembang mahasiswa dituntut berdaya kreatif dan inovatif serta, dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk mengurangi angka pengangguran. Pada penelitian ini dosen berusaha menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa dengan menggunakan pendekatan sciencepreneurship pada mata kuliah Praktikum Biologi Dasar. Metode penelitian ini yaitu menggunakan data kuantitatif  yang di prosentasekan kemudian dianalisis dan dinarasikan. Populasi pada penelitian ini mahasisa Tadris IPA kelas A dan kelas B yang datanya diambil secara acak, terdiri dari 25 mahasiswa. Pendekatan sciencepreneurship dapat diterapkan pada materi biotekonologi konvensional yaitu pada pembuatan tempe dan yogurt. Pada pendekatan pembelajaran ini memberikan pengalaman yang bermanfaat diantaranya selalu berpikir positif, bekerja keras dan cerdas, kerjasama tim, berfikir kritis, sikap pantang menyerah, kreatif, membuktikan proses sains dan fakta lapangan serta, menumbuhkan minat menjadi seorang entrepreur.

Full Text:

PDF

References


Afriadi, R. & Yuni, R. 2018. Pengembangan Jiwa Bioentrepreneur Mahasiswa Biologi. Jurnal Biolokus, 1(2), 123–127.

Ana, Eli Kristanti., Siti Harnina Bintari, Saiful Ridlo. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bioentrepreneurship Pembuatan Makanan Dari Limbah Cair Pengolahan Kedelai. Journal of Innovative Science Education, 1(2).

Atmono, D. 2008. Potensi Kewirausahaan pada Siswa SMK Negeri di kota Banjarmasin. Jurnal Didaktika, 9(1), 47-56.

Fisamawati. 2018. Fintax Fair 2019 Solusi Holistik Bagi Pengusah Muda. Diakses dari https://marketing.co.id/fintax-fair-2019-solusi-holistik-bagi-pengusaha-muda/. Pada tanggal 11 Agustus 2019.

Hendro, dan Chandra WW, 2006. Be a Smart and Good Enterpreneur. Jakarta: Erlangga.

Mutia, Suraihana. 2016. Tuntutan BSCS pada Pembelajaran Biologi sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Bio-Enterpreneurship Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Prosiding Seminar Nasional Biotik.

Priyanto, S. 2009. Mengembangkan Pendidikan Kewirausahaan di Masyarakat. Jurnal PNFI, 1(1), 57-82.

Sagoro, Endra Murti. 2013. Kewirausahaan. Yogyakarta : UNY.

Sukmana, U. D. 2008. Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Motivasi Wirausaha. Jurnal Equilibrium, 4(8), 1-23.

Tim Biologi. 2011. Bahan Ajar Biologi Umum. Padang: UNAND.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Thabiea Review by http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea This ejournal system and it's contents licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License