PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) PADA MATERI KIMIA UNSUR KELAS XII IPA-6 MAN 2 KUDUS

Muhammad Muspahaji

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas  ini adalah untuk mengetahui: pengaruh model discovery learning(DL) terhadap prestasi belajar siswa pada materi kimia unsur; Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA 6  Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan melalui dokumentasi, tes, angket, observasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: Peningkatan prestasi belajar  ditunjukkan dengan: (1) rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 6,79 dan pada siklu siklus II adalah 8,68;(2)ketuntasan belajar siswa pada siklus I siswa 14 siswa atau 38,89% dan yang tidak tuntas sebanyak 22 siswa atau 61,11%; serta (3) ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 38,89% dan pada siklus II mnecapai 100,00%.dan kinerja performance guru juga meningkat.Respon siswa adalah 82,14% artinya sangat setuju atau pada katagori tinggi.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan joko Tri Prasetyo, SBM Strategi belajar Mengajar Bandung Pustaka setya.

Akinbobola, A. O., & Afolabi, F. (2010). Constructivist practices through guided discovery approach: The effect on students’ cognitive achievement in Nigerian senior secondary school physics.Eurasian journal of physics and chemistry education2(1):16-25.

Akinbobola, A. O., & Afolabi, F. (2010). Constructivist practices through guided discovery approach: The effect on students’ cognitive achievement in Nigerian senior secondary school physics.Eurasian journal of physics and chemistry education2(1):16-25.

Arifin, M. 1995.Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya: Airlangga UniversityPress

Balım, A., G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1 20

Balım, A., G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1 20

Cruickshank, et al. (1999). Act Teaching. New York: McGrawhill College

Hamalik,Oemar.(2003).Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik,Oemar.(2005).Kurikulum dan pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara

Kosasih, 2014 Strategi belajar dan pembelajaran , implementasi kurikulum 2013 Bandung Yarama widya.

Mahmoud, Abdelrahman. (2014). The Effect of Using Discovery Learning Strategy in Teaching Grammatical Rules to first year General Secondary Student on Developing Their Achievement and Metacognitive Skills. International Journal of Innovation and Scientific Research, vol. 5,146-153

Singer, K. (1897). Membina Hasrat Belajar di Sekolah.Bandung: Penerbit Remadja Karya

Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung

Suharjono, (2011) Pertanyaan dan jawaban sekitar penelitian tindakan Kelas dan tindakan sekolah, Malang . Cakrawala Indonesia

Swaak, J; de Jongw, T and van Joolingenz, W. 2004. The Effects of Discovery Learning and Expository Instruction on the Acquisition of Definitional and Intuitive Knowledge. Journal of Computer Assisted Learning 20, 225-234.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Thabiea Review by http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea This ejournal system and it's contents licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License