PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDMODO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI TEKANAN PADA ZAT

Siti Jumaeroh, Anggun Zuhaida

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Edmodo dengan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental semu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VIII-D (kelas eksperimen) dan kelas VIII-E (kelas kontrol) SMP Negeri 1 Salatiga, masing-masing berjumlah 30 siswa dan 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Edmodo sangat membantu proses pembelajaran siswa, mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil angket yang telah disebarkan pada kedua sampel. Hasil angket menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi ketertarikannya terhadap materi pelajaran dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji korelasi terdapat hubungan antara media Edmodo dengan hasil belajar siswa bernilai 0,453 yang tingkat hubungannya berarti sedang/cukup.Hasil uji regresi linier sederhana memiliki nilai signifikansi sebesar 0,015 dengan nilai pengaruh antara dua variabel sebesar 20,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media Edmodo dengan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA materi tekanan pada zat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Mikrajuddin. 2016. Fisika Dasar I B. Bandung: ITB Press.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Basori. 2013. Pemanfaatan Social Learning Nerwork “Edmodo” Dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif Di Prodi Ptm Jptk FKIP UNS. Jurnal JIPTK, 6 (2): 99-105.

Cintia, Nichen Irma, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hsil Belajar Siswa. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 32 (1): 71.

Hosnan. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurdani, Alif Rahardhika. 2016. Penggunaan Media Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perhitungan Survei Pemetaan Kelas X Geomatika SMK N 3 Salatiga dan SMK N 1 Kedungwuni Pekalongan. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Teknik Uneversitas Negeri Semarang.

Sudibjo, Ari, Wasis. 2013. Penggunaan Media Pembelajaran Fisika dengan E-Learning Berbasis Edmodo Blog Education pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Respons Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2 (3): 188.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryanti, Sepira Ferazona. 2016. E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2 (1): 68.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Thabiea Review by http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea This ejournal system and it's contents licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License