PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA DI SD/MI

Azizah Maulina Erzad

Abstract


Tulisan ini berusaha menunjukkan bahwa perilaku belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh cara guru dalam mengajar. Guru tidak hanya perlu cakap dalam ilmu pengetahuan saja melainkan juga harus mampu dalam menstimulasi bakat yang terdapat pada siswa. Seorang guru yang inovatif dan kreatif akan menghasilkan siswa yang kreatif pula. Fokus dari kajian ini adalah menumbuhkan kreativitas siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dalam kegiatan pembelajaran oleh guru. Metode dari penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan menelaah beberapa literatur antara lain buku-buku dan artikel-artikel jurnal. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuhkan kreativitas siswa dalam pembelajaran di Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Guru harus mampu melakukan perubahan-perubahan atau inovasi dalam mengajar tidak terbatas dalam mata pelajaran apapun sehingga kreativitas siswa senantiasa terasah dan berkembang.


Keywords


peran, guru, kreativitas, siswa, SD/MI

References


Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: PT. Bestari buana Murni.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogyakarta: DIVA Press.

-----------. 2014. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

-----------. 2015. Sudahkah Anda Menjadi Guru Berkarisma?. Yogyakarta: DIVA Press.

Beetlestone, Florence. 2013. Creative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreativitas Siswa, terj. Narulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Djuzairoh, S., & others. 2013. Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3). Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1519

Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Sukses Offset.

Rudyanto, H. E. (2015). PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA OPEN-ENDED. Premiere Educandum, 3(2). Retrieved from http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JPE/article/view/126

Sulianto, J., & Mandarsary, R. 2012. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Siswa pada materi Matematika di Sekolah Dasar dengan Pembelajaran Pemecahan Masalah. MALIH PEDDAS, 1(1/Juli). Retrieved from http://e-jurnal.upgrismg.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/68

Wardani, N. S. (2011). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran IPS SD Melalui Diskusi Kelompok. Retrieved from http://repository.uksw.edu/handle/123456789/33




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i2.3002

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License