PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN EFEKTIF SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

Fairuz Sabiq

Abstract


Pendidikan Islam memainkan peranan yang sangat penting dalam membentuk generasi yang siap menghadapi era globalisasi yang penuh dengan tantangan. Pendidikan Islam harus mampu menyelengarakan proses pembekalan pengetahuan, penanaman nilai, pembentukan sikap dan karakter, pengembangan bakat, kemampuan dan keterampilan, menumbuhkembangkan potensi akal, jasmani dan rohani yang optimal, seimbang  dan sesuai dengan tuntutan zaman. Namun pada kenyataanya, pendidikan Islam khususnya di Indonesia telah berjalan dalam lorong krisis yang panjang. Pendidikan Islam telah kehilangan pijakan filosofisnya yang hakiki, yang kemudian berdampak pada tidak jelasnya arah dan tujuan yang hendak dicapai. Untuk menjawab permasalahan tersebut, munculah gagasan Pendidikan Islam Terpadu; sebuah model pendidikan yang didesain dengan segala keterpaduan dari berbagai sisi dan aspek pendidikan yang meliputi visi, misi, kurikulum, pendidik, suasana pembelajaran dan lain sebagainya. Sekolah Islam Terpadu sebagai bentuk satuan pendidikan memiliki peran yang strategis dalam membentuk, membangun, membina dan mengarahkan siswa menjadi manusia yang seutuhnya, manusia yang berkarakter dan berkepribadian yang positif, memahami diri sendiri, terampil dan mampu berkerja sama dengan orang lain. Salah satunya adalah SD Islam Terpadu Hidayah Klaten yang menerapkan konsep rabbaniyah, integratif, stimulatif, fasilitatif, inovatif, dan motivatif dalam kurikulumnya.


Keywords


Pendidikan Islam, Pendidikan Islam Terpadu, Pembelajaran Efektif, Sekolah Islam Terpadu

References


Ahmadi, Iif Khoiru, Sofan Amri & Tatik Elisah. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu; Pengaruhnya terhadap Konsep Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeri. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arifin, Zainal. 2012. Pengembangan Managemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam,Yogyakarta: DIVA Press.

Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Fadjar. Malik. 1998. Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan.

Muhaimin, dkk. 2001. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah,Jakarta: Remaja Rosdakarya, cet.1.

Munawar, Said Aqil Husain. 2005. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani. Ciputat: Ciputat Press.

Nata, Abuddin. 2005. Tokoh-Tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Rajawali Press.

Rassidy, Imron. 2009. Pendidikan berparadigma Inklusif ,Malang: UIN Press.

Sismanto. 2007. “Awal Munculnya Sekolah Unggulan”, Artikel.

Steenbrink, Karel A. 1974. Pesantren, Madrasah dan Sekolah. Jakarta: LP3ES.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Terpadu, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Pengembang PGSD. 1996. Pembelajaran Terpadu D-II PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i2.3003

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License