PENINGKATAN PEMBELAJARAN RASUL ULUL AZMI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK JIGSAW DAN MEDIA GAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS V SD N TEGALOMBO 04 PATI

Alfi Nikmah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
pembelajaran rasul ulul azmi dengan menggunakan teknik jigzaw
dan media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian deskriptif-analitis. Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pembelajaran
tentang Rasul Ulul Azmi dengan menggunakan teknik jigsaw dan
media gambar ilustrasi terbukti mengalami peningkatan. Hal ini
dapat dilihat hasil tes Pembelajaran pada pra siklus dengan nilai
rata-rata sebesar 63,5 atau 63,5% dan pada siklus I diperoleh nilai
rata-rata sebesar 71,6 atau 71,6%. Mengalami peningkatan sebesar
8,6%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 85 atau
85%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,4%. Hal ini
juga dapat diketahui ada peningkatan sebesar 22% dari prasiklus
ke siklus II. Peningkatan pembelajaran tentang Rasul Ulul Azmi juga
diikuti dengan perubahan perilaku siswa menjadi lebih baik. Hal ini
terlihat pada keaktifan dan keantusiasan siswa dalam mengikuti
pembelajaran.


Keywords


pembelajaran tentang Rasul Ulul Azmi, teknik jigsaw, media gambar ilustrasi

References


Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis

Kompetensi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jendral

Perguruan Tinggi Depdiknas.

Dimyati. 1994. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Depdikbud.

Nasution, Noehi. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama.

Al Barry, M. Dahlan. 1994. Kamus Modern Bahasa Indonesia. Yogyakarta:

Arkola.Rusman, 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

S, Moh. Nasrun. 2007. Senang Belajar Agama Islam. Jakarta: Erlangga.

Saminanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rasail Media Group.

Suhito. 2000. Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran. Semarang: FMIPA UNNES.

Suyitno. 2004. Pemilihan Model-Model Pembelajaran Dan Penerapannya Di Sekolah. Semarang: FMIPA UNNES.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i1.4377

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License