REVITALISASI PENDIDIKAN AGAMA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH

Hasan Baharun, Zulfaizah Zulfaizah

Abstract


Tulisan ini menyajikan tentang upaya revitalisasi pendidikan agama
dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah
Nurul Mun’im Paiton, Probolinggo, Jawa Timur. Revitalisasi ini perlu dilakukan karena kurang berhasilnya pendidikan agama Islam yang dilakukan di sekolah, kebutuhan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang up to date, sehingga pendidikan agama yang berjalan sesuai dengan konteks kebutuhan masyarakat, dan pendidikan agama diharapkan sesuai dengan tuntutan zaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi pendidikan agama dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im dilakukan melalui standarisasi tenaga pendidik dan kependidikan, kontektualisasi pembelajaran materi PAI, habituasi positif di madrasah, sinergitas antara keluarga madrasah dan masyarakat, membangun ghirah peserta didik dalam belajar melalui desain pembelajaran PAKEM yakni pembelajaran aktif, kreatif, kolaboratif dan menyenangkan.


Keywords


revitalisasi, pendidikan agama, karakter peserta didik

References


Aeni, A. N. (2014). pendidikan karakter di Sekolah Dasar. mimbar Madrasah dasar.

Ainiyah, N. (2014). pembentukan karakter melalui pendidikan agama islam. jurnal Al Ulum, 50.

Arifin. (1991). Ilmu pendidikan islam. jakarta: Binai Aksara.

Asmani, J. M. (2013). panduan internalisasi nilai diMadrasah. Jakarta: Diva press.

Baharun, H. (2017). pengembangan kurikulum pai. Yogyakarta: Pustaka Nurja.

Barizi, A. (2011). pendidikan integratif. Malang: Uin maliki.

Barnadib, I. (1996). dasar-dasar kependidikan. Jakarta: ghalia indonesia.

Dalmeri. (2014). Pendidikan untuk pengembangan karakter. Al Ulum, 274.

Dalmeri. (2014). Pendidikan untuk pengembangan karakter,Telaah gagasan thomas Lickona. Al Ulum, Volume 14, Nomor 1, 272.

Damapoli, M. (2015). problematka pendidikan islam dan upaya

pemecahannya. jurnal tadbir,volume 3 nomor 1, 5.

Damsar. (2011). sosiologi pendidikan. jakarta: prenada media group.

Darmaningtyas. (2009). pendidikan rusak rusakan. jakarta: printing.

Desmita. (2012). Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosda karya.

Farida, N. a. (2011). konsep pendidikan karakter thimas lickona. Jakarta: Prenada media.

Fathurrahman, S. (2012). belajar dan pembelajaran. Jogjakarta: Teras.

Hamalik, O. (2010). proses belajar mengajar. jakarta: Bumi Aksara.

Hanurawan, F. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: Remaja Rosda karya.

Koesoema, D. (2012). Pendidikan Di zaman keblinger. jogjakarta: Raja grasindo.

Kusuma, e. h. (2012). implementasi pendidikan karakter. jurnal pendidikan, 41.

Madjid, A. (2010). belajar dan pembelajaran. Jakarta: prenada media group.

Marzuki. (2011). Revitalisasi pendidikan agama dalam pembangunan

karakter bangsa. jurnal pendidikan karakter, 76.

Maya, R. (2017). karakter adab guru dan murid perspektif ibnu jami. jurnal edukasi, 28.

Mudhayarto, R. (2012). pengantar pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo persada.

Muhaimin. (2012). Pengmbangan kurikulum PAI. Jakarta: Raja Grafindo persada.

Muhajir, a. (2011). ilmu pendidikan agama islam. jakarta: Ar ruz media.

Munir, a. (2010). Pendidikan karakter. jakarta: Prenada media group.

Nara, H. (2011). teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nasrullah. (2015). pembentukan karakter siswa melalui pendidikan agama islam. jurnal pendidikan, 45.

Nata, A. (2010). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta : Prenada Media Group.

Nizar, R. &. (2009). Filsafat pendidikan islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rahmad, A. (2005). Pendidikan Agama dan pembangunan watak bangsa. Jakarta: Raja Grafindo persada.

Ramayulis. (2008). ilmu pendidikan islam. Jakarta: kalam mulia.

Ri, D. (2003). Undang-undang 2003. Jakarta: Departemen pendidikan.

Romli, M. (2015). Hakikat pendidik dn peserta didik. Tarbiyah islamiyah, 19.

Sanjaya, W. (2007). Desain perncanaan pembelajaran. Jakarta: prenada media group.

Schwartz, M. (2011). effective caracter education. jurnal internasional, 10.

Shaleh, A. R. (2005). Pendidikan Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tafsir, A. (2006). filsafat pendidikan islam. Bandung: Remaja rosda karya.

Uno, h. B. (2009). perecanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wagiran. (2012). pembentukan karakter melalui pendidikan agama. jurnal pendidikan karakter, 13.

Yakin, A. a. (2015). filsafat pendidikan islam. surabaya: Kopertais.

Yuliana, D. (2011). pentingmya pendidikan karakter. jurnal pendidikan, 92.

Zuhairini. (1994). filsafat pendidikan islam. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i1.4382

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License