PARTISIPASI KOMUNITAS SAMIN DALAM “GUYUB RUKUN” MERAJUT HARMONI KELOMPOK AGAMA YANG BERBEDA DI DESA KARANGROWO UNDAAN KUDUS

Anis Fitriyah

Abstract


Komunitas Samin di Desa Karangrowo Undaan Kudus merupakan manifestasi dari komunitas Samin yang terdapat di  Desa Ploso Kediren Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora Jawa Tengah, mereka adalah penganut agama “Adam” yang diajarkan oleh Ki Samin Surosentiko pada tahun 1890. Di Desa Karangrowo komunitas ini hidup di wilayah paling timur – selatan desa tepatnya di Dukuh Kaliyoso, komunitas Samin yang mendiami wilayah ini berjumlah 56 KK, dalam kesehariannya mereka terlihat melaksanakan ritus-ritus agama secara berbeda dengan agama Islam maupun Kristen.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, ini dimaksudkan untuk meneliti peristiwa sesuai kondisi real di lapangan dengan analisis data yang bersifat induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi gabungan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas Samin di Desa Karangrowo dalam relasinya dengan masyarakat terlihat memegang teguh nilai-nilai paseduluran yang khas, baik di antara komunitasnya sendiri maupun di luar komunitasnya, perwujudannya mereka selalu “guyub rukun dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh pemerintah desa dan saling merajut harmoni meski dengan penganut agama yang berbeda (Kristen dan Islam).

Keywords


Samin, guyub rukun, harmoni, agama berbeda

References


Ali mudhofir, kamus,teori dan aliran dalam filsafat dan teologi 1998.

Andito (ed), Atas Nama Agama, Bandung: Pustaka Hidayah. 1998.

Bakir Ihsan, Menebar Toleransi Menyemai Harmoni, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2009.

Clifford Geertz, Agama Jawa Abangan, Santri, Priyayi dalam Kebudayaan Jawa, (terj) Aswab Muhassin & Bur Rasuanto dari judul asli The Religioun of Java, Beji Timur Depok, Komunitas Bambu, 2013.

David Samiyono, Sedulur Sikep Struktur Sosial dan Agama Masyarakat Samin di Sukolilo, Program Pascasarjana Universitas Satya Wacana, Salatiga, 2010.

Hidayat, Agama Untuk Kemanusiaan, dalam Andito (ed), Atas Nama Agama, Bandung: Pustaka Hidayah. 1998.

Hikmat Budiman (ed.), Hak Minoritas Dilema Multikulturalisme di Indonesia, The Interaksi Foundation, Jakarta, 2005.

Joachim Wach. the Comparative Study of Religions, Diedit dan diberi pengantar oleh Joseph M. Kitagawa, Columbia University Press, New York, 1958, Edisi Indonesia diterbitkan oleh Rajawali, Jakarta, 1984.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), edisi ke dua, departemen pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Balai Pustaka, 1995.

Nawari Ismail, Relasi Kuasa dalam Pengubahan Budaya Komunitas Negara, Muslim, Wong Sikep, Karya Putra Darwati, Bandung, 2012.

Pramugi Prawiro Wijoyo, Giyare Kaki Samin Surosentiko Bab Lakon “Sikep” Winongko Paugerane Urip Kang Dumunung, dibuat di Dukuh Blimbing, Desa Sambungrejo, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Tanggal 8 April 2011.

Rumadi et.al., Annual Report Kebebasan Beragama dan Kehidupan Keagamaan di Indonesia Tahun 2009, (Jakarta: Wahid Institute, 2009).

Tarmizi Taher, Merdam Gelombang Radikalisme, CMM (Center for Moderate Moslem) bekerja sama dengan CV. Karsa Rezeki, Jakarta, 2004, hlm. 21.

Taufik Abdullah & Rusli Karim, ed, Metodologi Penelitian Agama, Yogyakarta: Tiara Wacana. 1990.

Tedi Kholiludin, et.al, Annual Reposrt Konflik Pengadilan Keyakinan dan Problem Kelompok Minoritas di Jawa Tengah Tahun 2012, (Lembaga Studi Sosial dan Agama (eLSA) Semarang, 2012).

Wawancara

Wawancara dengan Moh.Rosyid, pada 26 Maret 2015.

Wawancara dengan Rukhani, pada 9 Mei 2016.

Wawancara Heri Darwanto, pada 9 Mei 2016.

Wawancara Wargono, pada 9 Februari 2016.

Wawancara Nurhadi, pada 27 Januari 2015.

Wawancara Budi Santoso, pada 12 Oktober 2015.

Internet

http://kbbi.web.id/guyub




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v4i1.1680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 FIKRAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan is published by

Prodi Aqidah dan Filsafat Islam IAIN Kudus incorporate with

Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam.

Jl. Conge Ngembalrejo Bae Kudus Po Box. 51
Phone: +6282331050629
Website: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/fikrah
Email: fikrah@stainkudus.ac.id

ISSN: 2354-6174 | EISSN: 2476-9649

Creative Commons License
Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan by Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.