KONSEP PENCIPTAAN ALAM: Studi Komparatif-Normatif antar Agama-Agama

Ahmad Atabik

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan tentang berbagai pendapat
tentang asal usul kejadian alam. Artikel ini dimulai
dari konsep penciptaan alam secara umum, kemudian
konsep-konsep agama-agama, seperti Islam (al-Qur’an),
Kristen (al-Kitab), dan konsep-konsep agama-agama
lain seperti Hindu dan Budha. Dalam sumber Islam,
ketika al-Quran membicarakan tentang alam semesta
(universe), al-Quran tidak membahasnya secara detail.
Al-Quran hanya membahas garis besarnya saja, karena
al-Quran bukanlah kitab kosmologi atau buku-buku
ilmu pengetahuan umumnya yang menguraikan
penciptaan alam semesta secara sistematis (enam hari).
Ajaran Kristen tentang ajaran penciptaan alam tak
jauh berbeda dengan Islam. Dalam Bible (al-Kitab)
dinyatakan bahwa penciptaan alam ini juga terjadi
melalui beberapa fase. Bahasan tentang alam semesta
(universe) merupakan bahasan yang kompleks penuh
dengan teka-teki. Sehingga akal manusia tanpa perantara
piranti agama dan studi empiris ilmu pengetahuan
kealaman (kosmologi) niscaya tak akan dapat sampai
mengambil kesimpulan-kesimpulan, atau jawabanjawaban di seputarnya. Bahkan teks-teks agama pun
kadang dalam membahas hal ini sangatlah dangkal dan
tidak mencakup semua bahasan yang dikehendaki.

Keywords


Penciptaan, Alam, Komparatif, Agama



DOI: http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v3i1.1828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan is published by

Prodi Aqidah dan Filsafat Islam IAIN Kudus incorporate with

Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam.

Jl. Conge Ngembalrejo Bae Kudus Po Box. 51
Phone: +6285648082247 or +6282331050629
Website: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/fikrah
Email: fikrah@stainkudus.ac.id

ISSN: 2354-6174 | EISSN: 2476-9649

Creative Commons License
Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan by Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Jurusan Ushuluddin IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.