Open Journal Systems

Epistemologi Tafsir Takfiri Mazhab Ibadiyyah Khawarij (Studi Tafsir Hamyan al-Zad Ila Dar al-Ma’ad Karya Muhammad Bin Yusuf Itfisy)

Abdullah Abdullah

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang penafsiran Quran dari Muhammad
bin Yusuf Itfisy. ada dua alasan mendasar untuk penelitian ini.
Pertama, Muhammad bin Yusuf Itfisy adalah seorang sarjana
Muslim dari sekolah literalis yang memiliki kepekaan tinggi terhadap
realitas sosial yang berhubungan dengan teks-teks Alquran, terutama
bagi mereka yang berurusan dengan dosa-dosa besar. Kedua, sejarah
hidupnya berasal dari komunitas Ibadiyyah-Khawarij dan juga ia
menjadi Imam terkemuka (pemimpin Islam) dari Ibadiyyah sekolah
di Aljazeera. Itu adalah faktor penting yang membangun karakter dan
diwujudkan dalam penafsiran. Penelitian ini menggunakan pendekatan
epistemologis, dan metode penelitian ini adalah induktif (istiqra’) yang
diterapkan juga dalam metode tahlili (analitis) yang tidak bisa terpecahpecah dari sekolah dan penafsiran dari tafsir al-ra’yu (rasional komentar). Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Muhammad bin Yusuf Itfisy memiliki pandangan mendasar tentang kafir. Pertama adalah kafir rahmat (kafir nikmat) dan nifaq (kemunafikan), yang kedua adalah kafir tentang keyakinan. 

Keywords


Epistemologi, Tafsir Takfiri, Ibadiyyah, Khawarij, Muhammad bin Yusuf Itfisy

References


Al-Mahalli, Imam Jalaluddin dan Al-Suyu>t}i, Imam Jalaluddin. (2009). (Diterjemahkan oleh Bahrun Abu Bakar, Lc.), Tafsir Jalalain I. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Al-S{a>wi al-Maliki, Ahmad bin Muhammad. (t.th.). Hasiyat al-Allamat al-S}a>wi ‘ala Tafsir al-Jalalain, juz I Beirut: Dar al-Fikr.

Al-Syafi’i, Sulaiman ibn ‘Umar al-‘Ujayli. (t.th.). al-Futuhat al-Ilahiyyat, juz I Beirut: Dar al-Ihya’ al-Turas al-‘Arabi.

Al-Zahabi, Muhammad Husain. (1976). al-Tafsir wa al-Mufassirun, juz I , T.tp.,T.np.

Al-Zarqa>ni, Muhammad Abd al-‘Azim. (2003). Manah al-‘Irfan fi ‘Ulum al-Qur’an, Juz II, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Riyadi, Hendar. (2005). Tafsir Emansipatoris Arah Baru Studi Tafsir Al-Qur’an, Bandung, Pustaka Setia.

Suryadilaga, M. Alfatih. (1999). Tafsir Jalalain: Suntingan Teks dan Analisis Isi QS: al-Nisa’ (4): 1-57 Yogyakarta: Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Mansyur, M., dkk. (2007). Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis, Kata Pengantar, Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, MA., Yogyakarta, TH-Press.

Nurhakim. (2003). Islam Tradisi Reformasi: Pragmatisme Agama dalam Pemikiran Hasan Hanafi, Malang: Bayumedia Publishing.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/hermeneutik.v10i1.3899

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HERMENEUTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.