Open Journal Systems

Tafsir At-Tauhîdi Karya Hasan At-Turâbi: Selingkung Baru Dalam Tafsir

Abdul Karim

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk menggambarkan tafsir at-tauhidi yang dikenalkan oleh Hasan at-Turabi. Metode yang digunakan adalah deskriptif-analisis, kajian kepustakaan dan bersumber primer kitab tafsir at-tauhidi karya Hasan at-Turabi.

Tafsir at-Tauhîdi yang dikenalkan oleh Hasan at-Turabi dimaksudkan sebagai kajian tafsir al-Qur'an yang didahului dengan konsep hidayah surat al-Qur'an.Lalu membaca pelan makna ayat dan mencari makna umum (prinsip) dari ayat-ayat yang sudah dikaji sebelumnya. Tafsir at-Tauhîdi di antara model penafsiran yang sesungguhnya juga ingin menjawab problem kehidupan modern.

Keywords


Tafsir Tauhidi. Hasan Turobi, Maudhui

References


Abdul Fattah Mahjub Muhammad Ibrahim, ad-Duktûr Hasan at-Turâbi wa Fasâdu Nadzoriyyati Tathawwuri ad-Dîn, (India: Baitul Hikmah, 1995).

Ahmad Fuad Fanani, Islam mazhab kritis: menggagas keberagaman liberatif, (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2004).

Ali as-Sahbuny,Kamus al-Qur’an: Qur’anic Explorer, (Jakarta: Shahih, 2016).

Alifuddin Turabi, Al-Ustadz Abu ‘Ali al-Maudûdi wa Manhajuhû fi at-Tafsîr, (Makah: Jâmi’ah Ummu al-Qurâ, tt.).

Fahd ar-Rûmi, Ittijâhadu at-Tafsîr Fi al-Qarni ar-Râbi’ ‘Asyar, vol. 1, (Saudi Arabia: Idâratu al-Buhts, 1986).

Hasan at-Turôbi, at-Tafsîr at-Tauhîdi, vol. 1 (Sudan: Dar as-Sâq, 2017).

Husain adz-Dzahabi, at-Tafsîr wa al-Mufassirûn, vol. 2, (Beirut: Darul Fikri, 2004).

Mardani, Pendidikan Islam Untuk Perguruan Tinggi, (Depok: Kencana, 2017).

Muchotob Hamzah, Tafsir Maudhû’i al-Muntahâ, (Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2004).

Mufarrih al-Qousi, al-Mauqif al-Mu’âshir Min al-Manhaj as-Salafi Fi al-Bilâdi al-‘Arobiyyah, (Saudi Arabia: Dâr al-Fadhîlah, 2002).

Muhamad Hasan at-Turâbi, Tafsir at-Tauhîdi, vol. 1, (Sudan: Dâr as-Sâqi, 2012).

Muhammad Ahmad al-Hajj, Munâqosyad Hâdiah Li Ba’di Afkâri ad-Duktûr Husain at-Turâbi, (India: Kitab INC, 1995).

Muhammad al-Ghazali, Studi Kritis Hadis Nabi saw.: Antara Tekstualis dan Kontekstualis, (Bandung: Mizan, 1993).

Muhammad Ali Ridhai Asfihani, Manâhiju at-Tafsîr wa Ittijâhâtuhû, (Iran: Jâmi’ah Musthafâ, 2017).

Muhammad Hasyimi Hamidi,Hasan at-Turâbi: Ârâ’uhû wa ijtihâdatuhû Fi al-Fikri wa as-Siyâsah,(London: Dâr al-Mustaqillah Li an-Nasyr, 1996).

Muhammad Munir Dahab, Mujaddidûna wa Lâ Fakhro, (Sudan: Markaz al-Mahrusah, 2013).

Muhammad Rasyad Khalil, Dirâsah Naqdiyyah Li al-Ittijâhât ath-Thatawwuriyyah Fi at-Tajdîd al-Islâmi, vol. 587, 588, 589 (Saudi Arabia: Jurnal al-Mujtama’, 1970).

Sa’ad Bitata, al-Amnu Dirôsah fâ al-hadîts al-maudhû’i, (Oman: Markaz al-Kitâb al-Akâdemi, 2015).

Sulaiman bin Salih al-Kharrasyi, Nadzarât Syar’iyyah Fî Fikri ad-Duktur Hasan at-Turâbi, (India: Kitab INC, 2017).

Syukaib bin Budairah ath-Thablabi, Nahwa Manhaj Kalâmiyyin Qur’ânin, (Nablus: Al-Manâhil, 2012).

Thomas Kunh, The Structure of Scientific Revolution, (Chicago: University of Chicago Press, 1962).


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/hermeneutik.v13i1.5553

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HERMENEUTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.