Tingkat Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Momen Gaya

Dody Rahayu Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat pemahaman konsep siswa dan faktor penyebabnya tentang konsep momen gaya. Sejumlah 71 siswa terdiri dari 36 siswa kelas XI IPA dan 25 siswa kelas XII IPA diberikan tes tertulis terbuka terkait materi momen gaya. Hasil tes tertulis dikategorikan menjadi respon ilmiah, respon tidak ilmiah, dan tidak merespon. Diambil sebanyak 30 siswa yang memiliki respon yang dominan untuk dilakukan wawancara dan pengambilan sampel didasarkan pada opportunity sampling. Berdasarkan hasil analisis kualitatif tes tertulis dan wawancara disimpulkan bahwa (1) respon tak ilmiah lebih mendominasi pada kedua kelas dan (2) penyebabnya dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: intuisi, kurang pemahaman, fragmentasi, dan apresiasi konseptual.

Full Text:

PDF

References


Giancoli, D. C. 2001. Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Terjemahan Yuhilza Hanum. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Linuwih, S. & Setiawan, A. 2010. Latar Belakang Konsepsi Paralel Mahasiswa Pendidikan Fisika dalam Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Linuwih, S. 2013. Konsepsi Alternatif Mahasiswa Calon Guru Fisika tentang Gaya yang Bekerja pada Balok. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1).

Rahmawati, I., Sutopo, Zulaikah, S. 2017. Analysis of Students’ Difficulties about Rotational Dynamics Based on Resources Theory. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1).

Samudra, G. B., Suastra, I. W., & Suma, K. 2014. “Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika”. e-Journal Progam Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa, 4: 1-7.

Sarkity, D., Yuliati, L., & Hidayat, A. 2016. Kesulitan Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi. Prosiding Semnas Pend. IPA Pascasajana UM, 1 (1).

Sarioglan, A. B. 2016. Conceptual Level of Understanding about Sound Concept: Sample of Fifth Grade Students. E-Journal of Educational Research, 7(1).

Setyo, F. & Linuwih, S. 2014. Analisis Pemahaman Siswa SMA Terhadap Fluida pada Hukum Archimedes. Pros. Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX, Fakultas Sains dan Matematika, UKSW, 5(1).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v1i2.4112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.